Planet Venus Masih Cemerlang di Langit Bumi

Planet Venus Masih Cemerlang di Langit Bumi
Venus senja ini (26/10). Kredit: Stellarium Software
Info Astronomy - Planet kedua di tata surya kita, Venus, masih cukup cemerlang untuk diamati dengan mata telanjang di langit Bumi. Planet ini begitu cemerlang karena dekat dan disinari Matahari.

Planet Venus memiliki magnitudo semu -4, menjadikan ia objek langit paling cemerlang ketiga di langit Bumi setelah Matahari (magnitudo semu: -26,7) dan Bulan (magnitudo semu: -12).

Semakin kecil nilai magnitudo sebuah objek maka semakin cemerlang objek itu dapat diamati.

Jika Anda berencana mengamati Venus malam ini, Anda bisa mulai mencarinya di langit Barat Daya pukul 18.30 waktu setempat.

Ciri-cirinya, Venus akan nampak bagai bintang kuning yang paling cemerlang di langit. Jika Anda berada di Jakarta, Venus mungkin satu-satunya bintang paling cemerlang di malam hari.

Kenapa hanya nampak seperti bintang? Ini dikarenakan jarak Bumi ke Venus yang begitu jauh. Kenampakan Venus ini akan berakhir pada pukul 21.00 waktu setempat saat Venus terbenam di Barat.

Planet Venus masih bisa diamati saat senja hingga malam hari di langit sampai dengan 1 Januari 2014. Ini disebabkan karena Venus mengorbit Matahari.

Selamat mengamati Venus!

Oleh Vinny Aprianti
Planet Venus Masih Cemerlang di Langit Bumi Planet Venus Masih Cemerlang di Langit Bumi Reviewed by Riza Miftah Muharram on 10/26/2013 04:19:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.