Perkembangan Astronomi Indonesia Paling Cepat di Asia Tenggara

Astronomi di Indonesia. Kredit: Penulis
Info Astronomy - Astronomi, ilmu yang satu ini hampir setua peradaban manusia itu sendiri. Bagaimana tidak, ia lahir bersama dengan kekaguman dan keingintahuan manusia akan langit dan apa yang ada di sana.

Di Indonesia, astronomi berkembang dengan pencapaian yang besar. Indonesia sendiri memiliki Observatorium Bosscha, klub-klub astronomi dan media astronomi online seperti Info Astronomy, Langit Selatan, ataupun Kafe Astronomi.

Di Asia Pasifik, astronomi Indonesia juga semakin berkembang dan diminati banyak peneliti dari luar negeri. Dan di Asia Tenggara, astronomi Indonesia yang berkembang paling cepat dari negara tetangganya.

Astronomi semakin diminati masyarakat Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya minat anak-anak sekolah yang ingin mempelajari lebih lanjut mengenai astronomi dan alam semesta.

Mereka, mencari tahu tentang antariksa, teknologi berbasis antariksa, bagaimana antariksa dan apa yang ada di dalamnya.

Perkembangan astronomi di Indonesia tidak akan terwujud tanpa para astronom amatir. Siapa dia? Anda. Jika Anda menyukai astronomi tapi tidak mengambil pendidikan astronomi, Anda lah astronom amatir.

Meskipun hanya sebagai hobi, para astronom amatir ini bisa juga memberi kontribusi dalam berbagai penemuan maupun kontribusi profesional layaknya profesional astronomi.

Di masa depan, perkembangan astronomi di Indonesia akan membutuhkan kerjasama aktif antara astronom profesional dan astronom amatir untuk menghasilkan hasil ilmiah sekaligus edukasi aktif pada masyarakat.

Maju terus Astronomi Indonesia!