Pemerintahan 'Shutdown', Bagaimana Kelanjutan Misi NASA?

Kantor NASA sepi karena pemerintahan ditutup. Kredit: Russia Today
Info Astronomy - Pemerintahan Amerika Serikat ditutup dalam seminggu terakhir ini, membuat semua instansi pemerintah termasuk NASA menghentikan misi dan aktivitasnya.

National Aeronautics and Space Administration (NASA) yang merayakan ulang tahun ke-55 pada 1 Oktober 2013 dirusak karena pemerintahan Amerika Serikat terpaksa ditutup karena kebuntuan dalam keputusan para pejabatnya.

Hampir 97 persen karyawan dan ilmuwan NASA dirumahkan, atau hanya 550 dari 18.000 karyawannya yang terus melaksanakan tugas-tugas resmi. Seperti kontrol ISS.

Kelanjutan misi luar angkasa
Satelit-satelit dan wahana antariksa yang saat ini berada di luar angkasa akan tetap dirawat NASA, namun satelit dan wahana yang baru dijadwalkan meluncur akan di-grounded atau dikandangkan.

Saat ini NASA memiliki beberapa armada wahana antariksa aktif dan robot penjelajah yang mengeksplorasi berbagai bagian sistem tata surya dan di luarnya. Seperti Curiosity dan Cassini.

Banyak satelit NASA yang mengorbiti Bumi untuk mempelajari planet ini, sedangkan yang lain mengorbiti Merkurius, Mars dan Saturnus.

Lainnya, Teleskop Ruang Angkasa Hubble dan Teleksop Ruang Angkasa Spitzer mempelajari alam semesta, sedangkan sejumlah observatorium seperti Observatorium Dinamika Matahari mempelajari matahari.

Wahana ruang angkasa lainnya sedang mendekati planet-planet seperti New Horizons yang menjelajahi bagian terluar sistem tata surya yang Juli 2015 rencananya akan mengangkasai Pluto. Wahana ini diluncurkan pada 2006.

Pesawat antariksa Juno sedang menjalankan misi ke Jupiter. Wahana ini diluncurkan pada Agustus 2011 dan akan mulai menjauh dari Bumi pada 9 Oktober dalam perjalannya menuju Jupiter. Juno diperkirakan tiba di Jupiter pada Juli 2016 untuk mempelajari detail planet ini.

Masih ada Voyager 1, yang adalah wahana ruang angkasa yang terjauh terbang dari Bumi dalam sejarah pesawat ruang angkasa.

Voyager kini berada dalam medium antarbintang yang telah dimasukinya sejak Agustus 2012 dan kini berjarak sekitar 18,8 miliar km dari Bumi, atau 469.284 kali panjang lingkaran Bumi.