Peluncuran Satelit LAPAN-A2 Milik Indonesia Diundur

Peluncuran Satelit LAPAN-A2 Milik Indonesia Diundur
Perakitan satelit LAPAN-A2 di AIT LAPAN. Kredit: LAPAN
Info Astronomy - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) rencana awalnya akan meluncurkan satelit buatan sendiri pada pertengahan tahun 2013 ini. Namun rencana itu tertunda.

Penundaan ini membuat jadwal peluncuran diundur hingga pertengahan tahun 2014 mendatang. Pada peluncuran nanti, satelit bernama LAPAN-A2 ini akan diluncurkan di Sriharikota, India.

"Antara April-Mei tahun depan (2014) akan segera di luncurkan di India. Kita lagi menunggu tim ahli India datang ke sini untuk koordinasi tentang peluncurannya nanti. Untuk koordinasi teknik," kata kepala LAPAN, Bambang S, Tejakusuma.

Peluncuran satelit ke 2 milik Indonesia, LAPAN-A2 memang sudah ditunggu-tunggu sejak lama, kendalanya selama ini memang pihak India masih mengulur waktu, sehingga terkesan lama.

Indonesia memilih India sebagai tempat peluncuran karena dinilai cukup murah dibanding negara lainnya seperti, Korea, Jepang dan Cina.

Sebenarnya Cina juga menawarkan peluncuran untuk APAN-A2, akan tetapi lebih mahal dengan yang ditawarkan India.

Untuk peluncuran LAPAN-A2 yg berbobot sekitar 70 kg, di India sekitar 300 ribu USD untuk 2 satelit. Dan Indonesia akan meluncurkan satelit pada 2014 dan 2015.

Maju terus Astronomi Indonesia!
Peluncuran Satelit LAPAN-A2 Milik Indonesia Diundur Peluncuran Satelit LAPAN-A2 Milik Indonesia Diundur Reviewed by Riza Miftah Muharram on 10/27/2013 01:59:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.