Pekan Antariksa Dunia 2013: Jelajahi Mars, Kenali Bumi

Pekan Antariksa Dunia 2013: Jelajahi Mars, Kenali Bumi
World Space Week 2013
Info Astronomy - World Space Week atau dalam Bahasa Indonesia adalah Pekan Antariksa Dunia tahun 2013 ini sudah dimulai. Ratusan event sudah digelar di seluruh dunia termasuk di Indonesia.

Apa itu Pekan Antariksa Dunia?
Pekan Antariksa Dunia adalah perayaan internasional terhadap kontribusi ilmu pengetahuan alam dan teknologi pada kehidupan manusia.
Logo WSW

Khususnya adalah ilmu yang berkaitan dengan penerbangan ke luar angkasa dan pemanfaatan ruang angkasa untuk kehidupan. Kemudian tanggal 4 – 10 Oktober dipilih karena tanggal-tanggal tersebut memiliki nilai sejarah yang sangat penting.

Pada tanggal 4 Oktober 1957, terjadi peluncuran satelit buatan manusia yang pertama. Satelit itu adalah Sputnik 1 milik Uni Sovyet (kini Rusia). Peristiwa ini kemudian mengawali eksplorasi ruang angkasa dari banyak negara.

Sedangkan tanggal 10 Oktober 1967 dipilih karena adanya penandatanganan “Treaty on Principles Governing the Activites of States in the Exploration and Peaceful Uses of Outer Space, including the Moon and Other Celestial Bodies.” Inti dari perjanjian ini adalah tentang hukum internasional luar angkasa.

Kedua tanggal ini kemudian dipilih oleh Majelis Umum PBB pada tahun 1999 sebagai peringatan World Space Week yang akan dilakukan setiap tahun.

Jadi, dimulailah peringatan Space Week ini pada tahun 2000. Secara umum, Space Week ini memiliki beberapa tujuan yang ditargetkan, yaitu:
  • Mendidik masyarakat dunia tentang keuntungan yang diperoleh dari pemanfaatan teknologi ruang angkasa.
  • Memancing lebih banyak penggunaan ruang angkasa yang lebih baik untuk pengembangan ekonomi.
  • Menunjukkan program-program tentang ruang angkasa yang sedang/telah direncanakan.
  • Memberikan pembelajaran kepada anak-anak tentang masa depan dan ruang angkasa.
  • Mengajak perusahaan-perusahaan internasional yang berkaitan untuk membuat kerja sama di bidang pendidikan dan pengembangan teknologi ruang angkasa.
Selain tujuan, peringatan Space Week juga memiliki tema yang berbeda di setiap tahunnya. Untuk tahun 2013 ini, tema yang diusung adalah “Exploring Mars, Discovering Earth.”.

Berarti World Space Week tahun 2013 ini mengajak masyarakat untuk mengetahui bagaimana menjelajahi Mars tanpa merusak planet Mars itu sendiri, dan menerapkannya untuk Bumi.

Di Indonesia, Space Week sudah mulai dikenal sejak tahun 2003 yang lalu. Saat itu, Himastron (Himpunan Mahasiswa Astronomi) ITB mengadakan serangkaian kegiatan yang bertajuk Space Week 2003 “October Sky.”

Kegiatan ini kemudian didaftarkan pada WSWA sehingga dalam situs resmi Space Week dapat kita lihat daftar kegiatan yang diselenggarakan waktu itu.

Dan di tahun 2013 ini, Himastron kembali mengadakan kegiatan bernama Astara Ganesha yang akan berakhir hari ini dari tanggal 4 Oktober 2013. Kegiatan ini juga telah didaftarkan ke situs resmi World Space Week 2013.
Pekan Antariksa Dunia 2013: Jelajahi Mars, Kenali Bumi Pekan Antariksa Dunia 2013: Jelajahi Mars, Kenali Bumi Reviewed by Riza Miftah Muharram on 10/06/2013 01:47:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.