Oposisi Uranus: Hari Ini Jarak Terdekat Bumi dengan Uranus

Riza Miftah Muharram
Info Astronomy - Punya teleskop yang cukup kuat untuk mengamati objek jauh? Malam ini, mari temukan Planet Uranus. Planet Uranus mencapai oposisinya -- jarak terdekat dengan Bumi -- hari ini, 3 Oktober 2013.

Tepatnya pukul 21.00 WIB malam ini 3 Oktober 2013, Uranus akan berada pada titik terdekat dengan Bumi. Walaupun dekat, artian dekat di sini beda dengan artian yang sebenarnya. Uranus tidak akan terlihat besar di langit, ia tetap saja redup, tak kasat mata.

Sekali lagi, jika Anda memiliki teleskop yang kuat untuk mengamati objek jauh, Anda berkesempatan mengamati Uranus malam ini. Kabar baiknya, Bulan tidak akan "mengganggu" pengamatan.

Efrain Moralles
Uranus akan terletak pada jarak 19,04 SA (Satuan Astronomi) atau 158 menit cahaya, kecemerlangannya adalah +5,8 saat oposisi berlangsung malam ini.

Sejak penemuannya pada tahun 1781 oleh William Herschel, Uranus baru menyelesaikan 2 kali orbitnya dengan Matahari. Saat penemuan, Herschel menamai Uranus dengan nama "Planet Georgian".

Saat oposisi, Uranus terletak di:
Ascencion kanan: 0h 40'
Deklinasi +3° 25'

Lima dari 27 satelit alami planet Uranus ini juga akan terlihat dengan teleskop. Trik menemukannya adalah, tunggu hingga titik elongasi tertinggi kelimanya. Ini agar sinar dari Uranus tidak 'membunuh' sinar dari 5 satelit alaminya.

Lima satelit alami tersebut adalah: Miranda, Ariel, Umbriel, Titania dan Oberon. Selamat mengamati!
Oposisi Uranus: Hari Ini Jarak Terdekat Bumi dengan Uranus Oposisi Uranus: Hari Ini Jarak Terdekat Bumi dengan Uranus Reviewed by Riza Miftah Muharram on Oktober 03, 2013 Rating: 5