Lihat Planet Venus di Langit Siang pada 7-8 Oktober 2013

Venus (bintik kecil) dan Bulan Sabit (kanan bawah). Kredit: Enrique
Info Astronomy - Apakah Anda pernah melihat Bulan di langit siang? Jika pernah, Anda ternyata juga bisa melihat Planet Venus di langit siang. Bagaimana caranya?

Pada 7 dan 8 Oktober 2013, Bulan Sabit Muda akan berdekatan dengan Venus. Hal ini akan memudahkan Anda dalam menemukan Venus di langit beberapa menit sebelum Matahari benar-benar terbenam. Bulan dan Venus akan ada di Barat.

Venus begitu cemerlang, lebih cemerlang daripada komet atau meteor. Namun jangan mengharapkan kenampakan Venus yang besar sebesar Bulan. Ia hanya akan nampak kecil bagai bintang.

Jika Anda berhasil menemukan Venus di langit siang, Anda akan melihat bintang di langit yang biru. Bintik kuning cemerlang yang menakjubkan. Venus akan bertahan hingga beberapa jam setelah Matahari terbenam.

Ada saat-saat tertentu pada tahun 2013 ini bagi Anda yang ingin mengamati Venus di langit siang. Yakni pada 7-8 Oktober, 6 November, dan 5 Desember. Pada hari-hari itu, Bulan berada di dekat Venus.

Di manapun Anda berada atau di manapun Anda tinggal, Anda dapat melihat peristiwa ini. Dengan syarat:
  1. Setidaknya Anda punya perangkat lunak berupa peta langit, seperti Stellarium atau Starry Night. Hal ini diperlukan untuk menentukan letak Venus jika Anda kesulitan menemukannya.
  2. Untuk melihat Venus di langit siang, gunakan teropong bintang dahulu. Jika tidak punya, Anda bisa menunggu hingga langit gelap.
  3. Lihat Venus di langit siang sebelum Matahari terbenam, pastikan cuaca cerah dan langit Barat tidak berawan atau terhalang gedung atau bangunan yang tinggi.