Lihat Bulan dan Jupiter Berdekatan Jum'at Pagi

Lihat Bulan dan Jupiter Berdekatan Jum'at Pagi
Letak Bulan dan Jupiter Jum'at 25 Oktober 2013 dinihari. Kredit: Skychart Software
Info Astronomy - Semua orang di Bumi dapat melihat Bulan dan planet Jupiter yang akan berdekatan di langit pagi pada 25 Oktober 2013. Keduanya dapat diamati dengan mata telanjang.

Mulai pukul 04.00 waktu setempat, Bulan yang dalam fase Bulan Cembung akan terbit di arah langit Timur. Beberapa menit setelahnya akan ada Jupiter yang menyusul.

Jupiter adalah planet termasif di tata surya kita. Jupiter memiliki diameter 149.980 kilometer, dengan massa sebesar 318 kali massa Bumi kita.

Walaupun planet ini adalah planet termasif di tata surya, ia hanya akan nampak bagai bintang kuning cemerlang dengan magnitudo -2,3. Cukup cemerlang untuk mata telanjang.

Tentunya kedekatan mereka di langit tidak seperti yang terjadi sebenarnya di luar angkasa. Mereka tetap berjauhan, sangat jauh. Kedekatan ini hanya diamati dari permukaan Bumi.

Untuk menemukan Jupiter, amatilah langit 25 Oktober 2013 mulai pukul 04.30 waktu setempat. Bintang paling cemerlang dan tidak berkedip di Timur adalah Jupiter.

Kenapa tidak berkedip atau berkelap-kelip? Ini dikarenakan Jupiter berada "dekat" dengan Bumi dibandingkan bintang-bintang lainnya. Ya, bintang-bintang yang sebenarnya di langit cahayanya berkedip.

Selamat mengamati!

Oleh Riza Miftah Muharram
Lihat Bulan dan Jupiter Berdekatan Jum'at Pagi Lihat Bulan dan Jupiter Berdekatan Jum'at Pagi Reviewed by Riza Miftah Muharram on 10/24/2013 06:36:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.