Kenapa Kenampakan Bulan Berubah Tiap Malam?

Kenapa Kenampakan Bulan Berubah Tiap Malam?
Fase-fase Bulan
Info Astronomy - Sama seperti Bumi, Bulan memiliki sisi siang dan sisi malam. Dari sudut pandang kita dari Bumi, kita melihat berbagai fase perubahan penampakan Bulan setiap malamnya. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Bulan mengorbit atau mengelilingi Bumi setiap 29,5 hari. Pada setiap waktu, setengah sisi dari seluruh permukaan Bulan diterangi oleh Matahari. Dengan kata lain, ada satu sisi yang menghadap Matahari, sementara sisi lainnya membelakangi Matahari dan berada dalam kegelapan.

Selama Bulan mengorbit Bumi, kita dapat melihat sisi terangnya, atau sisi yang menghadap ke Matahari. Perlahan-lahan, setiap malamnya, penampakan Bulan mengalami perubahan. Perubahan ini disebut dengan fase Bulan.

Fase bulan terjadi akibat perubahan sudut dari garis yang menghubungkan Matahari-Bumi-Bulan sewaktu Bulan mengorbit Bumi. Bulan memiliki banyak fase, yang umum kita ketahui di antaranya, Bulan baru, sabit, dan purnama. Perubahan dalam bentuk dan ukuran ini adalah diakibatkan oleh kondisi pencahayaan yang berbeda.

Jumlah cahaya yang berbeda dari sinar Matahari, tercermin oleh Bulan ke Bumi. Karena Bulan terus berputar mengelilingi Bumi, maka dari itu munculah bentuk fase yang berbeda setiap harinya.
Kenapa Kenampakan Bulan Berubah Tiap Malam? Kenapa Kenampakan Bulan Berubah Tiap Malam? Reviewed by Riza Miftah Muharram on 10/14/2013 09:34:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.