Inilah Mobil Pertama yang Dikendarai di Bulan

Lunar Roving Vehicle. Kredit: NASA
Info Astronomy - Keberadaan Lunar Roving Vehicle menjadi sangat penting bagi dunia otomotif sebab inilah mobil yang berhasil dikendarai di satu-satunya satelit alami milik Bumi, Bulan.

Proyek membuat mobil ke Bulan sebenarnya muncul jauh sebelum Armstrong, Collins dan Aldrin ke Bulan. Ide itu muncul pada 1964 dimana NASA kala itu sangat bersemangat membuat sebuah mobil yang bisa digunakan untuk menjejaki Bulan dan planet-planet lainnya.

Namun proyek tersebut menemui jalan buntu karena prototipe bernama MOLAB yang dibuat oleh perusahaan Grumman dan kontraktor lainnya sangat berat dan terlalu besar.

Euforia baru mencuat lagi setelah Armstrong, Aldrin dan Collins balik dari Bulan.

NASA lewat Dr. Wernher von Braun, Director of the Marshall Space Flight Center (MSFC) NASA langsung bertanya kepada mereka. “Kita sudah bisa menjejakkan kaki di Bulan bagaimana cara kita mengeksplorasi Bulan dengan sebuah kendaraan?”

Setelah melakukan berbagai wawancara proyek pembuatan “Moon Buggy” itu pun dimulai lagi. MSFC menunjuk Boeing untuk membuat mobil impian tersebut.

Dana yang disiapkan pun luar biasa besar yakni USD19,6 juta. Untuk memuluskan proyek tersebut, MSFC juga meminta Saverio Morea, yang sangat paham dengan dunia mesin mobil F-1 terlibat dalam pembuatan Lunar Roving.

NASA pun mendesak agar Boeing dan General Motors bisa membuat mobil tersebut dalam waktu 17 bulan. Sebab nantinya mobil tersebut akan dibawa pada proyek Apollo 15.

Hebatnya dengan dukungan dana yang besar dan usaha yang keras usaha tersebut berhasil diwujudkan.

Dari segi desain Lunar Roving Vehicle tidaklah impresif. Tapi tentunya ada berbagai pertimbangan akan kondisi ruang angkasa dan Bulan yang menyebabkan mobil tersebut jauh dari kata menarik.

Kecepatan mobil ini memang tidak sekencang Bugatti Veyron Super Sport. Hanya saja dengan kondisi ruang hampa, berhasil berjalan tanpa cela saja sudah sangat luar biasa.

Setelah 17 bulan bekerja keras, pada 31 Juli 1971 mobil bertenaga listrik tersebut dibawa dan dikendarai di Bulan oleh 2 orang astronot NASA David Scott dan James Irwin.

Lunar Rovings Vehicle kembali digunakan pada misi selanjutnya misi Apollo 16 dan Apollo 17. Dan tahukan Anda ketiga mobil yang dana pembuatannnya menghabiskan jutaan dolar tersebut justru ditinggalkan di Bulan?

NASA sengaja meninggalkannya agar ketiga awak Apollo dapat pulang ke Bumi tanpa membawa beban. Lihat video di bawah bagaimana LRV dikendarai di Bulan.