Galaksi Terjauh dari Bumi yang Diketahui Saat Ini

Galaksi Terjauh dari Bumi yang Diketahui Saat Ini
Galaksi terjauh saat ini, z8_GND_5296. Kredit: NASA/Hubble
Info Astronomy - Astronom Steven Finkelstein dari University of Texas di Austin telah memimpin sebuah tim yang telah menemukan dan mengukur jarak ke galaksi paling jauh yang pernah ditemukan.

Galaksi ini terlihat seperti sekarang pada waktu hanya 700 juta tahun setelah Big Bang. Big Bang adalah Ledakan Besar yang terjadi dalam pembentukan awal semesta.

Sementara pengamatan dengan Teleskop Luar Angkasa Hubble milik NASA telah mengidentifikasi banyak kandidat lain untuk galaksi di alam semesta awal, termasuk beberapa yang mungkin bisa menjadi lebih jauh.

Galaksi ini bernama z8_GND_5296, adalah yang terjauh dan paling awal terbentuk setelah Big Bang dari hasil pengamatan dari teleskop Keck I, satu dari sepasang teleskop di Bumi yang terbesar.

Galaksi Terjauh dari Bumi yang Diketahui Saat Ini
Iustrasi komputer galaski terjauh saat ini. Kredit: NASA
Para astronom dapat mempelajari bagaimana galaksi berkembang karena perjalanan cahaya pada kecepatan tertentu, sekitar 186.000 mil per detik.

Jadi ketika kita melihat obyek yang jauh, kita melihat mereka sebagaimana mereka muncul di masa lalu. Para astronom bisa lebih jauh dalam pengamatan, semakin jauh semakin melihat ke masa lalu.

Tim Finkelstein memilih galaksi ini, dan puluhan orang lain, untuk tindak lanjut dari sekitar 100.000 galaksi yang ditemukan di survei CANDELS Hubble.

Proyek terbesar dalam sejarah Hubble, CANDELS memakan hingga lebih dari satu bulan untuk mengamati suatu objek alam semesta.
Galaksi Terjauh dari Bumi yang Diketahui Saat Ini Galaksi Terjauh dari Bumi yang Diketahui Saat Ini Reviewed by Riza Miftah Muharram on 10/24/2013 04:57:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.