Aurora Merah Mempesona di Langit Selandia Baru

Aurora Merah Mempesona di Langit Selandia Baru
Mineru Yuneto
Info Astronomy - Pada 2 Oktober 2013, Matahari meletupkan CME (Coronal Mass Ejection) ke arah Bumi, hal ini menimbulkan badai geomagnetik kelas G2 dan pancaran aurora di kutub Selatan Bumi.

Astrofotografer Mineru Yuneto berhasil mengabadikan aurora yang berwarna merah di Queenstown, Selandia Baru pada 3 Oktober 2013 menggunakan Canon EOS 6D SEO-SP4, EF20mm F2.8→F4.0, ISO8000, 30s.

"Inilah keadaan langit saat 11 jam setelah CME diletupkan Matahari ke arah Bumi," kata Yuneto, sang astrofotografer asal Selandia Baru ini.

Cahaya aurora yang biasa muncul adalah hijau, kadang ungu, tapi aurora pada astrofoto Yuneto berwarna merah. Ini unik!

Aurora merah memancar di ketinggian 300 sampai 500 kilometer di atas permukaan Bumi, dan tidak diketahui pasti kenapa bisa muncul warna merah ini.
Aurora Merah Mempesona di Langit Selandia Baru Aurora Merah Mempesona di Langit Selandia Baru Reviewed by Riza Miftah Muharram on 10/04/2013 01:51:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.