Astronom Temukan Planet Ekstra Surya Baru Mirip Bumi

Astronot Temukan Planet Ekstra Surya Baru Mirip Bumi
Ilustrasi planet baru yang mirip Bumi. Kredit: NASA
Info Astronomy - Sebuah tim astronom telah menemukan planet baru yang berukuran mirip Bumi di luar tata surya kita yang memiliki komposisi batuan seperti Bumi.

Planet ini bernama Kepler 78b yang sangat dekat mengorbit bintang induknya, ia memerlukan waktu untuk menyelesaikan orbit dengan bintang induknya hanya 8,5 jam sehingga terlalu panas untuk mendukung kehidupan.

Planet seukuran Bumi ini pertama kali ditemukan oleh wahana Kepler dan kemudian di konfirmasi oleh W. M. Keck Observatory, Amerika Serikat.

Kepler 78b, yang penemuannya diumumkan bulan lalu, mengorbit sebuah bintang seperti Matahari di konstelasi Cygnus, sekitar 400 tahun cahaya dari Bumi.

Planet ini mengorbit pada jarak sekitar 1,5 juta kilometer dari bintang induknya (Bumi-Matahari: 150 juta kilometer).

Suhu di permukaan Kepler 78b kemungkinan di atas 2000 derajat Celcius. Terlalu panas untuk kehidupan manusia.

Kelompok Howard menentukan massa Kepler 78b sekitar 1,69 kali lebih besar daripada Bumi dan memiliki kepadatan sekitar 5,3 gram per cm kubik.

Sementara tim Pepe menghitung massa planet ini sekitar 1,86 kali lebih besar dari Bumi dan memiliki kepadatan sekitar 5,57 gram per cm kubik.

Kepadatan Bumi sekitar 5,5 gram per cm kubik, sehingga Kepler 78b mungkin memiliki komposisi mirip Bumi, lengkap dengan interior yang berbatu dan inti besi.