Amati 'Karnaval Langit' Malam Ini, 5 Planet dan Purnama

Amati 'Karnaval Langit' Malam Ini, 5 Planet dan Purnama
Kredit: Riza Miftah Muharram
Info Astronomy - Mendengar kata "karnaval", apa yang terlintas di pikiran Anda? Tentu meriah. Sama halnya dengan langit malam ini yang akan dimeriahkan 5 planet tata surya dan cemerlangnya Bulan Purnama.

Mulai senja ini (18/10), 'Karnaval Langit' akan dimulai. Karnaval ini adalah silih bergantinya planet-planet tata surya dan Bulan Purnama hadir di langit hingga pagi 19 Oktober 2013.

Dimulai dari Saturnus yang akan nampak lebih dulu, disusul Merkurius lalu Venus.

Amati 'Karnaval Langit' Malam Ini, 5 Planet dan Purnama
Saturnus, Merkurius dan Venus (18/10). Kredit: Stellarium
Mereka bertiga akan muncul mulai Matahari terbenam di Barat. Saturnus dan Merkurius akan berdekatan beberapa derajat di langit. Kenampakannya menyerupai bintang kuning cemerlang.

Lain halnya dengan Venus, ia akan nampak bagai bintang yang 100 kali lebih cemerlang di banding bintang-bintang lainnya. Bersamaan dengan mereka, Bulan Purnama sudah muncul di Timur.

Venus, Merkurius dan Saturnus akan tenggelam sebelum pukul 20.00 waktu setempat. Kini giliran Bulan Purnama. Saat tengah malam, jika langit cerah, di sekeliling Bulan akan ada cincin lingkaran bernama Halo.

Amati 'Karnaval Langit' Malam Ini, 5 Planet dan Purnama
Jupiter dan Mars (19/10). Kredit: Stellarium
Jika Anda tetap terjaga hingga dinihari 19 Oktober 2013, Anda akan melihat Jupiter dan Mars yang sudah muncul mulai pukul 03.00 waktu setempat di langit Timur. Mereka akan nampak bagai bintang karena jaraknya yang jauh.

Punya teleskop? Anda dapat mengarahkannya ke sekitar Mars di langit saat itu. Jika Anda jelih, Anda akan menemukan komet ISON di dekat Mars.

Amati 'Karnaval Langit' Malam Ini, 5 Planet dan Purnama
Bulan Purnama akan tenggelam. Kredit: Stellarium
Jika Jupiter dan Mars ada di Timur, maka di Barat akan ada Bulan Purnama yang hampir tenggelam. Mulai pukul 04.50 WIB, Bulan akan digerhanai Bumi.

Gerhana Bulan Penumbral bisa diamati di Indonesia bagian Barat saja, ini dikarenakan Bulan di Indonesia Tengah dan Timur sudah tenggelam lebih dulu saat gerhana berlangsung.

Gerhana Bulan nanti tidak akan terlihat dengan kasat mata, hanya pengamatan yang teliti yang bisa membedakan keadaan Bulan saat gerhana atau tidak.

Sampai jumpa di karnaval!

Ditulis oleh Riza Miftah Muharram
Disunting seperlunya oleh Annisa Rachma
Amati 'Karnaval Langit' Malam Ini, 5 Planet dan Purnama Amati 'Karnaval Langit' Malam Ini, 5 Planet dan Purnama Reviewed by Riza Miftah Muharram on 10/18/2013 03:29:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.