Saran pencarian

3 November 2013 Akan Terjadi Gerhana Matahari Hybird

3 November 2013 Akan Terjadi Gerhana Matahari Hybird
3 November 2013 Akan Terjadi Gerhana Matahari Hybird
Gerhana Matahari Hybird. Kredit: NASA
Info Astronomy - Ada jenis khusus dari gerhana Matahari yang akan terjadi pada Minggu, 3 November 2013. Gerhana tersebut adalah Gerhana Matahari Hybrid (GMH).

Artinya, gerhana muncul sekilas seperti gerhana Matahari sebagian atau gerhana Matahari Cincin di awal dan menjadi gerhana total setelahnya.

Ketika diameter sudut Matahari hampir sama dengan diameter sudut Bulan, saat itulah terjadi GMH.

GMH akan terlihat di wilayah timur Amerika Utara, Karibia, Amerika Selatan bagian utara, Greenland selatan, Samudera Atlantik, Eropa Selatan, Afrika, Madagaskar dan Timur Tengah. Indonesia tidak bisa mengamatinya.

3 November 2013 Akan Terjadi Gerhana Matahari Hybird
Wilayah yang bisa melihat GMH 3 November 2013. Kredit: NASA
Sesuai grafik di atas, wilayah timur Amerika Utara bisa mengamati GMH ini pada saat Matahari terbit tanggal 3 November 2013. Dan Eropa, Afrika dan Timur Tengah bisa mengamatinya saat sore hari 3 November 2013.

Saat GMH 3 November terjadi, Indonesia sedang mengalami malam hari. Otomatis kita (yang di Indonesia) sedang membelakangi Matahari.

Jika Anda berada di wilayah-wilayah yang bisa mengamati GMH 3 November ini, pastikan tidak melihat GMH secara langsung dengan mata telanjang, karena hal itu bisa membuat mata Anda buta permanen.

Munculnya GMH tidak akan menyebabkan dampak buruk atau negatif untuk kehidupan di Bumi. Bukan juga awal dari bencana apa lagi kiamat. Ini fenomena biasa.

Oleh Riza Miftah Muharram
Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

1 komentar

  1. haha kalimat terakhir cukup menyindir beberapa kelompok orang
Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.