Suasana Langit Planet Mars di Malam Hari

NASA
Info Astronomy - Bayangkan jika Anda berada di Planet Mars di malam hari, melihat ke atas, dan menemukan 2 satelit alami (bulan) di langit.

Bukankah menyenangkan? Tentu saja. Keadaan itu hanya ada di Mars. Adalah bulan milik Mars yang bernama Deimos (kiri) dan Phobos (kanan) pada foto di atas yang dipotret Mars Science Laboratory.

Mars Science Laboratory adalah pengendali misi dari robot penjelajah Mars Curiosity, yang mendarat di Mars lebih dari setahun yang lalu dalam apa yang disebut "teror tujuh menit".

NASA merilis gambar ini pada tanggal 21 September 2013. Deimos dan Phobos berpapasan di 'depan' rasi bintang Gemini si Kembar pada saat itu.

Ya, di Mars juga akan terlihat konstelasi yang sama dengan kita kita di Bumi. Namun untuk pola rasi bintang mungkin bergeser bentuknya. Matahari terlihat lebih kecil dan bintang biru yang tidak berkelip di langit Mars adalah Bumi.

Di antara Deimos dan Phobos, ada keunikan masing-masingnya. Phobos misalnya, ia mengorbit Mars dengan cepat sehingga dalam sehari si Phobos ini bisa 11 kali terbit dan terbenam. Phobos juga terbit di Barat dan tenggelam di Timur.

Lain Phobos, lain Deimos. Deimos mengorbit begitu lambat. Dibutuhkan waktu 2,7 hari untuk Deimos tenggelam di Barat setelah ia terbit di ufuk Timur planet Mars.