Suasana Langit Planet Mars di Malam Hari

Suasana Langit Planet Mars di Malam Hari
NASA
Info Astronomy - Bayangkan jika Anda berada di Planet Mars di malam hari, melihat ke atas, dan menemukan 2 satelit alami (bulan) di langit.

Bukankah menyenangkan? Tentu saja. Keadaan itu hanya ada di Mars. Adalah bulan milik Mars yang bernama Deimos (kiri) dan Phobos (kanan) pada foto di atas yang dipotret Mars Science Laboratory.

Mars Science Laboratory adalah pengendali misi dari robot penjelajah Mars Curiosity, yang mendarat di Mars lebih dari setahun yang lalu dalam apa yang disebut "teror tujuh menit".

NASA merilis gambar ini pada tanggal 21 September 2013. Deimos dan Phobos berpapasan di 'depan' rasi bintang Gemini si Kembar pada saat itu.

Ya, di Mars juga akan terlihat konstelasi yang sama dengan kita kita di Bumi. Namun untuk pola rasi bintang mungkin bergeser bentuknya. Matahari terlihat lebih kecil dan bintang biru yang tidak berkelip di langit Mars adalah Bumi.

Di antara Deimos dan Phobos, ada keunikan masing-masingnya. Phobos misalnya, ia mengorbit Mars dengan cepat sehingga dalam sehari si Phobos ini bisa 11 kali terbit dan terbenam. Phobos juga terbit di Barat dan tenggelam di Timur.

Lain Phobos, lain Deimos. Deimos mengorbit begitu lambat. Dibutuhkan waktu 2,7 hari untuk Deimos tenggelam di Barat setelah ia terbit di ufuk Timur planet Mars.
Suasana Langit Planet Mars di Malam Hari Suasana Langit Planet Mars di Malam Hari Reviewed by Riza Miftah Muharram on 9/27/2013 05:33:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.