Saran pencarian

Sirius, Bintang Tercemerlang di Langit Malam

Sirius, Bintang Tercemerlang di Langit Malam
Sirius, Bintang Tercemerlang di Langit Malam
Orion dan Sirius di langit dinihari. Kredit: Earthsky.org
Info Astronomy - Ya, Info Astronomy sudah pernah memberi info ini, namun masih menarik untuk dibahas. Sirius adalah bintang paling cemerlang di langit malam. Sirius muncul di langit dinihari pada beberapa bulan kedepan.

Bintang Sirius lebih cemerlang dari Matahari

Di September 2013, ia bersinar di dekat Jupiter -- planet termasif di tata surya. Jupiter akan tampil sebagai bintang yang bersinar dengan warna kuning dan tidak berkelap-kelip.

Sementara itu, Mars juga nampak di dekat Sirius dan Jupiter, tepatnya di rasi bintang Cancer. Mars akan tampil bagai bintang merah dak tidak berkelap-kelip.

Gunakan teleskop jika Anda memilikinya untuk melihat ke arah Mars, karena beberapa derajat di utara Mars ada komet ISON yang masih redup untuk mata telanjang.

Di arah yang sama saat pengamatan, Anda juga akan melihat sabuk rasi bintang Orion yang merupakan 3 bintang berjejer di langit, yakni Alnilam, Alnitak dan Mintaka.

Kesemua objek langit ini bisa diamati dengan mata telanjang di seluruh Indonesia. Bangun pukul 04.30 dan amati langit timur!
Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.