Sirius, Bintang Tercemerlang di Langit Malam

Orion dan Sirius di langit dinihari. Kredit: Earthsky.org
Info Astronomy - Ya, Info Astronomy sudah pernah memberi info ini, namun masih menarik untuk dibahas. Sirius adalah bintang paling cemerlang di langit malam. Sirius muncul di langit dinihari pada beberapa bulan kedepan.

Bintang Sirius lebih cemerlang dari Matahari

Di September 2013, ia bersinar di dekat Jupiter -- planet termasif di tata surya. Jupiter akan tampil sebagai bintang yang bersinar dengan warna kuning dan tidak berkelap-kelip.

Sementara itu, Mars juga nampak di dekat Sirius dan Jupiter, tepatnya di rasi bintang Cancer. Mars akan tampil bagai bintang merah dak tidak berkelap-kelip.

Gunakan teleskop jika Anda memilikinya untuk melihat ke arah Mars, karena beberapa derajat di utara Mars ada komet ISON yang masih redup untuk mata telanjang.

Di arah yang sama saat pengamatan, Anda juga akan melihat sabuk rasi bintang Orion yang merupakan 3 bintang berjejer di langit, yakni Alnilam, Alnitak dan Mintaka.

Kesemua objek langit ini bisa diamati dengan mata telanjang di seluruh Indonesia. Bangun pukul 04.30 dan amati langit timur!
Sirius, Bintang Tercemerlang di Langit Malam Sirius, Bintang Tercemerlang di Langit Malam Reviewed by Riza Miftah Muharram on 9/10/2013 03:00:00 PM Rating: 5