Seperti Apa Kenampakan Komet ISON di Mars?

Seperti Apa Kenampakan Komet ISON di Mars?
Ilustrasi kenampakan komet ISON di Mars. Kredit: Stuart Atkinson
Info Astronomy - Foto ilustrasi di atas menunjukan kenampakan komet ISON yang 1 Oktober 2013 nanti akan melintas dekat Planet Mars.

Dibuat oleh astronom amatir Stuart Atkinson dengan perangkat lunak Starry Night. Seperti dilansir Wired News (2/1/2013), Atkinson membuatnya dengan perhitungan ilmiah.

Seperti Apa Kenampakan Komet ISON di Mars?
Ilustrasi Komet ISON yang dilihat dari Planet Mars pada
1 Oktober 2013. Kredit: Wired News
Komet ISON bernama resmi C/2012 S1. Komet yang ditemukan September tahun lalu ini diprediksikan menjadi komet paling cemerlang abad ini.

Komet ISON adalah komet penjelajah Matahari, ia mengorbit Matahari dengan orbitnya sendiri.

Pada 1 Oktober 2013, komet ISON akan berjarak 0,07 SA dari Planet Mars -- 6 kali lebih dekat dengan kenampakannya di Bumi nanti.

Untuk penduduk Bumi, mulai bisa mengamati komet ini pada awal November 2013 di langit arah timur saat sebelum Matahari terbit.

Komet ISON akan mencapai perihelion (jarak terdekat dengan Matahari) pada 28 November 2013 (29 November 2013 untuk Indonesia) dan diprediksi akan sangat cemerlang dengan ekor yang panjang.

Pengamatan komet ISON mulai 15 November hingga awal Desember bisa dengan mata telanjang saja. Komet ini tidak akan menabrak Bumi.

Segala kemungkinan buruk yang dapat terjadi adalah, komet ISON akan pecah saat mendekati Matahari sehingga tidak cemerlang lagi.
Seperti Apa Kenampakan Komet ISON di Mars? Seperti Apa Kenampakan Komet ISON di Mars? Reviewed by Riza Miftah Muharram on 9/10/2013 09:00:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.