Robot Kirobo Milik Jepang Berbicara di Luar Angkasa

Robot Kirobo Milik Jepang Berbicara di Luar Angkasa
Robot Kirobo di ISS. Kredit: Kibo Robot Project
Info Astronomy - Robot Kirobo milik Negeri Sakura berhasil untuk pertama kalinya berbicara di luar angkasa, tepatnya di dalam Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Kirobo mengucapkan penggalan dari kata-kata Neil Armstrong saat mendarat di Bulan, "one small step" dalam bahasa Jepang.

Robot hasil rancangan ilmuwan Jepang ini diluncurkan ke ISS pada Agustus 2013 dengan kapal kargo tanpa awak milik Jepang.

Kirobo hanya bisa berbicara bahasa Jepang dan misinya adalah membantu pada ilmuwan tentang kemungkinan manusia berinteraksi dengan robot pada misi luar angkasa di masa depan.

Dengan tinggi hanya 34 sentimeter, nama Kirobo berasal dari penggabungan kata "robot" dan "Kibo" yang dalam bahasa Jepang berarti "harapan".

Kirobo sedang menunggu kedatangan astronot Jepang Koichi Wakata yang akan menjadi pemimpin misi Stasiun Luar Angkasa Internasional periode berikutnya. Wakata dijadwalkan meluncur pada November atau Desember tahun ini.

Kemampuan Kirobo antara lain dapat mengenal suara, pengolahan bahasa alami, pengenalan wajah, kamera dan pengakuan emosinya.

Kirobo diperkirakan akan kembali ke Bumi pada Desember 2014 mendatang.
Robot Kirobo Milik Jepang Berbicara di Luar Angkasa Robot Kirobo Milik Jepang Berbicara di Luar Angkasa Reviewed by Riza Miftah Muharram on 9/06/2013 02:06:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.