Pulau Baru Akibat Gempa di Pakistan Terlihat dari Luar Angkasa

NASA
Info Astronomy - Sore hari pada Selasa, 24 September 2013 telah terjadi gempa bumi berkekuatan 7,7 SR di wilayah provinsi Balochistan, Pakistan selatan. Gempa ini berlangsung selama kurang lebih 2 menit.

Dikabarkan lebih dari 400 orang tewas dan 100.000 kepala keluarga kehilangan rumahnya akibat gempa tersebut.

Saking besarnya gempa ini, tidak hanya menyebabkan banyaknya korban jiwa, namun ada pulau baru yang terbentuk di lautan dekat pantai Pakistan.

Citra pulau baru tersebut berhasil diabadikan NASA dari luar angkasa menggunakan satelit Earth Observing-1. Citra tersebut dirilis NASA per tanggal 27 September 2013.

Manurut peneliti setempat, pulau tersebut merupakan tumpukan lumpur dan bebatuan dan mengeluarkan gas yang mudah terbakar. Tentu saja ini bukan pulau untuk berlibur.

"Tim kami menemukan gelembung gas naik dari permukaan pulau tersebut, kami melarang tim untuk memulai penelitian langsung di sana," kata Mohammad Danish, ahli biologi kelautan dari National Institute Oceanography, Pakistan. "Ini gas metana."

Pulau lumpur ini dinamakan "Zalzala Jazeera", diperkirakan kemunculannya tidak bertahan lama. Ombak dari lautan akan mengikisnya dan akan menenggelamkannya kembali dalam beberapa bulan ke depan.