Malam Ini Puncak Hujan Meteor September Epsilon Perseid

Meteor pada hujan meteor SEP tahun 2012. Kredit: NASA
Info Astronomy - Awal-awal September 2013 ini diprediksi akan ada beberapa meteor yang melintas di langit malam setiap harinya. Setelah hujan meteor Alpha Aurigid (1/9), malam ini hujan meteor September Epsilon Perseid.

Hujan meteor September Epsilon Perseid masuk dalam kategori minor. Hujan meteor ini sejatinya terjadi mulai 1 September hingga 28 September, tapi malam inilah puncaknya.

Titik radian hujan meteor September Epsilon Perseid adalah di rasi bintang Perseus, sekitar 3 derajat dari bintang Algol.

Intensitasnya adalah 1 hingga 3 meteor per jam. Jadi jika ingin melihatnya, pastikan langit cerah, jauh dari lampu kota dan bersabar. Teruslah mengamati langit mulai tengah malam hingga fajar, jangan menengok ke yang lain.

Kecepatan meteor pada hujan meteor ini adalah 66 kilometer per jam. Tidak membutuhkan teleskop untuk mengamatinya, teleskop justru akan merepotkan. Cukup dengan mata telanjang saja.

Hujan meteor September Epsilon Perseid bisa diamati di seluruh wilayah Indonesia.