Lihat Segitiga Musim Panas di Langit September

Lihat Segitiga Musim Panas di Langit September
Segitiga Musim Panas di langit Yogyakarta, Indonesia. Kredit: Rahmania, Kafeastronomi.com
Info Astronomy - Segitiga Musim Panas atau Summer Triangle adalah segitiga hasil bentukan 3 bintang cemerlang di rasi bintang yang berbeda.

3 bintang tersebut adalah Vega di rasi bintang Lyra, Deneb di rasi bintang Cygnus, dan Altair di rasi bintang Aquila. Ketiganya bisa dilihat dengan mata telanjang.

Lihat Segitiga Musim Panas di Langit September
Segitiga Musim Panas di Miami, AS.
Kredit: Jeff
Pada pertengahan September 2013, Segitiga Musim Panas akan berada di dekat Bulan.

Untuk Indonesia, Segitiga Musim Panas bisa diamati mulai pukul 18.00 waktu setempat.

Pada saat itu, Segitiga Musim Panas akan berada di langit Timur. Ia akan bergerak semu ke Barat hingga pukul 2 dinihari keesokan harinya.

Bagaimana cara termudah menemukan Segitiga Musim Panas?

Mulai pukul 19.00 tengoklah langit arah Utara, Anda akan dengan mudah menemukan bintang putih cemerlang.

Bintang putih tersebut adalah Vega.

Dengan menemukan Vega, secara otomatis Anda telah menemukan Segitiga Musim Panas.

Pengamatan sebaiknya dilakukan di wilayah yang langitnya cerah. Karena Indonesia akan memasuki musim hujan pada pertengahan September ini, maka jangan berharap lebih.

Apa yang spesial dari Segitiga Musim Panas?

Orang-orang belahan Bumi Utara menggunakan Segitiga Musim Panas untuk pertanda datangnya musim panas. Karena Indonesia di belahan Bumi Selatan, maka tidak ada sebutan yang sama.

Di Jepang, orang-orang merayakannya dengan Festival Tanabata. Dalam festival itu, orang-orang menggantungkan kertas berisi harapan mereka.
Lihat Segitiga Musim Panas di Langit September Lihat Segitiga Musim Panas di Langit September Reviewed by Riza Miftah Muharram on 9/13/2013 05:23:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.