Lihat Komet ISON Bersebelahan dengan Mars di Langit

Lihat Komet ISON Bersebelahan dengan Mars di Langit
Komet ISON 5 September 2013. Kredit: Stellarium
Info Astronomy - Penduduk Bumi mungkin ada yang tidak sabar menunggu kemunculan 'Komet Abad ini' yang akan nampak secemerlang Bulan Purnama.

Ialah komet ISON. Komet bernama resmi C/2012 S1 ini akan melintasi Planet Mars sebelum akhirnya ia terlihat di langit Bumi.

"Komet ISON akan mengunjungi Planet Merah," kata astronom Carey Lisse dari Universitas John Hopkins. "Pada 1 Oktober, ISON akan berada pada jarak 0,07 SA dari Planet Mars."

1 SA, atau Satuan Astronomi, adalah jarak dari Bumi ke Matahari. Yakni 150 juta kilometer. Artinya komet ISON akan berada pada jarak 10,4 juta kilometer (0,07 SA) dari Mars.

Kedekatan komet ISON dengan Planet Mars bisa diamati mulai besok dinihari (5/9) pada pukul 04.30 waktu setempat. Pengamatan sangat membutuhkan teleskop.

Ini disebabkan karena komet ISON masih terlalu redup jika diamati dengan mata telanjang saja. Jika ingin tetap melihat dengan mata telanjang, amatilah mulai tanggal 15 November 2013.

Pada 28 November 2013 (29 November 2013 untuk Indonesia), komet ISON akan mencapai perihelion dengan Matahari. Ia akan berjarak 1,2 juta kilometer saja dari Matahari.

Jika inti komet ISON tidak pecah saat perihelion, maka komet ini memang komet abad ini. ISON akan terlihat begitu cemerlang dengan ekor yang panjang, bahkan bisa dilihat di langit siang hari.

Kita tunggu saja kedatangannya.

Ikuti perkembangan topik Komet ISON pada link ini.
Lihat Komet ISON Bersebelahan dengan Mars di Langit Lihat Komet ISON Bersebelahan dengan Mars di Langit Reviewed by Riza Miftah Muharram on 9/04/2013 01:56:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.