Lihat Dekatnya Venus dan Saturnus Malam Ini

Konjungsi Venus dan Saturnus malam ini. Kredit: Stellarium
Info Astronomy - Inilah hari terakhir Bulan ditemani 2 planet tata surya -- Venus dan Saturnus -- setelah 3 hari berturut-turut di langit barat bersama.

Posisi Bulan yang setiap harinya berubah karena fase Bulan-nya membuat ia meninggalkan Venus dan Saturnus di barat. Venus dan Saturnus malam ini mulai dekat.

Dalam astronomi disebut konjungsi, peristiwa di mana dua atau lebih objek langit berdekatan di langit. Konjungsi yang akan terjadi malam ini adalah antara Venus dan Saturnus.

Mulai bisa diamati pada pukul 18.30 waktu setempat, Venus akan nampak bagai bintang yang tidak berkelip, begitupun Saturnus. Bedanya, Venus yang paling cemerlang.

Malam ini Saturnus berjarak 156 miliar kilometer dari Bumi. Dengan begitu, bukan lah saat yang tepat untuk mengamati Saturnus dengan teleskop.

Tapi, jika Anda menggunakan pembesaran setidaknya 30, Anda masih bisa melihat cincin Saturnus yang megah dengan kemiringan 18,5 derajat.

Pada 16 September 2013, Anda dapat melihat Venus dan Saturnus yang jauh lebih dekat dari malam ini posisinya. Saturnus hanya akan 4 derajat dari Venus.

Fenomena ini bisa dilihat di seluruh Indonesia dengan mata telanjang.
Lihat Dekatnya Venus dan Saturnus Malam Ini Lihat Dekatnya Venus dan Saturnus Malam Ini Reviewed by Riza Miftah Muharram on September 10, 2013 Rating: 5