Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

LAPAN Akan Tingkatkan Program Pengembangan Satelit

LAPAN Akan Tingkatkan Program Pengembangan Satelit
LAPAN Akan Tingkatkan Program Pengembangan Satelit
Satelit Lapan-A2. Kredit: Plasa MSN
Info Astronomy - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) selama ini berupaya untuk mengembangkan teknologi satelit secara mandiri. Tujuannya, untuk menyejajarkan Indonesia dengan negara-negara yang menguasai teknologi satelit.

Dengan upaya tersebut, LAPAN berhasil membuat satelit mikro pertama, Lapan-Tubsat atau Lapan A-1. Satelit kerja sama dengan TU Berlin tersebut diluncurkan pada 10 Januari 2007 dari Sriharikota, India, dan hingga kini masih beroperasi.

Pengembangan teknologi satelit terus berlanjut. LAPAN juga telah selesai membangun satelit Lapan-A2/Orari pada 2012 di fasilitas LAPAN di Bogor.

Saat ini, LAPAN mengembangkan pembangunan satelit Lapan-A3/IPB yang berlangsung hingga 2014. Nantinya, satelit ini akan menjadi satelit Indonesia pertama bermisi penginderaan jauh eksperimental.

Selain program pengembangan di bidang teknologinya, LAPAN juga mewacanakan ekstrapolasi pengetahuan mengenai pengembangan dan operasi satelit yang telah didapat.

Caranya yaitu, dengan merencanakan pengembangan satelit kelas small, atau satelit dengan bobot antara 100 kg hingga 1000 kg.

Dengan pengembangan teknologi yang lebih besar, diharapkan dampak kegunaannya pun akan lebih besar. Untuk mewujudkan program tersebut, LAPAN bersama Kementerian Riset dan Teknologi menggagas pembentukan konsorsium satelit.

Konsorsium ini akan melibatkan berbagai kementerian, lembaga litbang, dan industri terkait.

Seminar satelit ini dihadiri oleh berbagai instansi seperti Kemenristek, LAPAN, BPPT, IPB, ITBG, UI, IT Telkom, ITS, UNDIP, Kemhan, Kemkominfo, Bakorkamla, KKP, ASSI, dan ORARI.

Kegiatan ini merupakan upaya untuk menjaring masukan dari berbagai pihak guna penajaman arah litbang teknologi satelit di Indonesia. Dengan demikian, tercipta sinergi pengembangan teknologi satelit di Indonesia yang mampu menyejahterakan bangsa.
Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.