Wajah komet C/2012 S1 ISON pada 10 April 2013. Kredit: NASA
Info Astronomy - Mungkin Anda adalah satu dari jutaan pengamat langit di Bumi yang sudah tidak sabar menunggu kedatangan komet ISON.

Komet yang ditemukan pada 24 Semptember 2013 di International Scientific Optical Network (ISON) oleh astronom asal Rusia, Vitali Nevsky dan Artyom Navichonok kabarnya akan secemerlang Bulan Purnama.

Kabar baik untuk pengamat langit, komet ISON sudah nampak di langit timur saat dinihari mulai 04.30 waktu setempat untuk tanggal 4 September 2013.

Gambar 1: Komet ISON 4 September 2013. Kredit: Stellarium
Untuk mengamati komet ISON, pada awal-awal kemunculannya di langit Bumi ini diperlukan teleskop. Karena komet ISON masih berjarak agak jauh dari Bumi dengan magnitudo +11,9.

Komet berbeda dengan meteor. Jika meteor bergerak cepat di langit, komet akan diam mengikuti rotasi Bumi. Seperti bintang. Namun sejatinya ia bergerak mengelilingi Matahari.

Pada 1 November 2013, komet ISON sudah bisa dilihat dengan mata telanjang.

Gambar 2: Komet ISON 1 November 2013. Kredit: Stellarium
Walaupun sudah bisa ditemukan dengan mata telanjang, cahayanya masih agak redup dengan magnitudo +7,4.

Komet ISON pada 1 November 2013 letaknya masih muncul di langit timur. Tepatnya di bawah Planet Mars seperti pada Gambar 2.

Berlanjut hingga ke pertengahan November 2013, komet ISON makin cemerlang hingga magnitudo +3,9.

Gambar 3: Komet ISON 20 November 2013. Kredit: Stellarium
Mulai 20 November 2013, komet ISON dapat dengan mudah ditemukan di langit sebelum Matahari terbit pada Gambar 3.

Semakin mendekati akhir November, komet ISON akan semakin cemerlang hingga magnitudo -6 pada 29 November. Ini adalah puncak kecerlangan komet ISON.

Untuk mengamati komet ISON, pastikan langit daerah rumah Anda saat sebelum fajar bebas dari polusi dan jauh dari lampu kota. Pastikn juga tidak hujan dan berawan.

Ikuti perkembangan topik Komet ISON pada link ini.