Inilah Bintang Terbesar Sejagad yang Mengalahkan NML Cygni

Kluster bintang Westerlund, lokasi bintang terbesar sejagad yang baru diketahui. Kredit: NASA
Info Astronomy - Seperti yang kita ketahui saat ini, bintang terbesar di alam semesta adalah NML Cygni. Namun, ada yang lebih besar lagi. Yakni Westerlund 1 BKS AS.

Sebelumnya juga pernah ada bintang terbesar bernama VY Canis Majoris, namun kemasifannya dikalahkan NML Cygni. Saat ini, NML Cygni mungkin bukan lagi yang terbesar sejagad.

Bintang Westerlund 1 BKS AS atau juga bisa disebut Westerlund 1 W26, adalah bintang yang terletak pada jarak 16.000 tahun cahaya dari Bumi (1 tahun cahaya = 9,4 triliun kilometer).

Bintang ini terletak di kluster atau gugus bintang Westerlund di konstelasi Ara. Radius bintang Westerlund 1 BKS AS adalah 1.951 hingga 2.544 radius Matahari atau 16,64 miliar kali lebih besar dari Matahari.

Jika Westerlund 1 BKS AS ditempatkan di pusat tata surya kita, permukaannya akan mencapai Saturnus. Artinya, Bumi bukan planet layak huni lagi.

Diameter bintang ini adalah 3,54 miliar kilometer, sedangkan NML Cygni hanya berdiameter 2,29 miliar kilometer. Bintang ini juga merupakan bintang hiper-raksasa merah.

Dalam urutan bintang terbesar di alam semesta yang diketahui, Westerlund 1 BKS AS berada di urutan pertama, diikuti UY Scuti di urutan kedua. NML Cygni di urutan ketiga sedangkan VY Canis Majoris di urutan kedelapan.

Semoga menambah pengetahuan Anda!

1. Bigggg
  2. di temuin tahun berapa tuh? penemunya siapa? setahu ana ya antara NML Cygni atonggak VY Canis Majoris. Please jawab!!
    1. Bintang ini ditemukan oleh Bengt Westerlund pada tahun 1961. Setelah diidentifikasi dan dibandingan dengan bintang lainnya oleh Lembaga Antariksa Amerika Serikat (NASA) dan Lembaga Antariksa Eropa (ESA), faktanya memang bintang ini yang terbesar yang diketahui manusia saat ini.

Perlu diketahui tabel bintang terbesar akan terus berubah seiring penemuan bintang-bintang baru. Dengan begitu kita juga harus memperbarui wawasan kita. Dan sekarang, saatnya perbarui wawasan kamu.

Terimakasih.