Gugus Galaksi Raksasa Dipotret Teleskop Antariksa Hubble

Gugus Galaksi Raksasa Dipotret Teleskop Antariksa Hubble
Gugus galaksi Abell 1689. Kredit: NASA
Info Astronomy - Citra terbaru dari teleskop luar angkaas Hubble milik NASA menunjukan gugus galaksi dan gugus bintang raksasa secara detail.

Hubble menemukan lebih dari 160.000 kelompok gugus bola di 'samping' gugus galaksi raksasa Abell 1689, yang berjarak sekitar 2,25 miliar tahun cahaya dari Bumi.

Data observasi baru teleskop Hubble -- yang difokuskan ke pusat gugus galaksi Abell 1689 -- dapat membantu menemukan materi gelap di sekitar gugus galaksi tersebut.

Dengan data dari teleskop yang ditempatkan di orbit Bumi, teleskop Hubble, para astronom memperkirakan luas dari gugus galaksi Abell 1689 adalah 2,4 juta tahun cahaya. 1 tahun cahaya adalah 9,4 triliun kilometer.

Para astronom berharap, teleskop luar angkasa baru milik NASA bernama James Webb Space Telescope (JWST) dapat mengambil foto dari Abell 1689 yang lebih baik dari Hubble.

JWST akan diluncurkan pada tahun 2018 mendatang. Studi ini akan diterbitkan di Jurnal Astrofisika pada 20 September 2013.
Gugus Galaksi Raksasa Dipotret Teleskop Antariksa Hubble Gugus Galaksi Raksasa Dipotret Teleskop Antariksa Hubble Reviewed by Riza Miftah Muharram on 9/18/2013 03:01:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.