Dua Komet Akan Muncul Sekaligus pada November 2013

Komet C/2013 R1 Lovejoy. Kredit: Michael Jager
Info Astronomy - Banyak yang menunggu cemerlangnya Komet ISON pada November 2013, kesabaran kita ternyata akan diberikan sebuah 'hadiah' berupa komet baru.

Komet ISON yang nantinya akan mulai terlihat dengan mata telanjang di Indonesia pada 15 November 2013, akan menjadi pemandangan yang memukau di langit timur sebelum fajar.

Komet ISON tidak sendiri, sebuah komet baru yang bernama C/2013 R1 (Lovejoy) akan nampak juga di langit November bersamaan dengan ISON.

Berbeda dengan Komet ISON yang ditemukan pada September 2012, Komet Lovejoy baru saja ditemukan pada 9 September 2013 oleh astronom Australia bernama Terry Lovejoy.

Terry Lovejoy menemukan komet ini dengan reflektor Schmidt-Cassegrain 20 cm. Saat pengamatannya, Komet Lovejoy memiliki magnitudo 14. Sangat-sangat redup.

Pada November 2013, Komet Lovejoy sayangnya baru bisa diamati untuk yang menggunakan teleskop saja. Karena baru bermagnitudo 8. Untuk mata telanjang, setidaknya magnitudo 4.

Pada 29 November 2013, Komet ISON akan mencapai jarak terdekatnya dengan Matahari (perihelion). Jika inti esnya tidak pecah, ISON akan terlihat menakjubkan dengan ekor panjangnya.

Sementara itu, Komet Lovejoy akan mencapai perihelionnya pada 25 Desember 2013. Namun 23 November 2013 mendatang ia akan mencapai jarak terdekat dengan Bumi.

Selamat menunggu kedatangan mereka!