Bukan Supermoon, Malam Ini Bulan Akan Nampak Lebih Besar

Bukan Supermoon, Malam Ini Bulan Akan Nampak Lebih Besar
Fase Bulan Cembung malam ini, 15 September 2013. Kredit: Stellarium
Info Astronomy - Melirik ke kalender astronomi 2013, hari ini (15/9) adalah Lunar Perigee. Sebuah fenomena dimana Bulan akan terlihat lebih besar.

Dalam astronomi, lunar perigee adalah posisi terdekat Bulan dengan Bumi. Walaupun dekat, sejatinya jarak mereka 360.000 kilometer.

Lawan dari lunar perigee adalah lunar apogee, yakni posisi terjauh Bulan dengan Bumi. Saat lunar apogee, Bulan dan Bumi akan berjarak 405.000 kilometer.

Apa yang istimewa dari fenomena lunar perigee ini?

Tentu kenampakan Bulan yang akan lebih besar dari biasanya. Namun bukan Supermoon. Banyak yang salah dalam penggunaan istilah Supermoon.

Supermoon adalah kondisi di mana Bulan akan begitu besar -- karena jaraknya dekat dengan Bumi -- dalam 1 tahun. Dan Supermoon tahun ini sudah terjadi pada Juni 2013.

Bulan dapat dikatakan Supermoon jika jaraknya paling dekat ke Bumi dalam 1 tahun, dan Bulan juga harus dalam fase Bulan Purnama atau Full Moon.

Bagaimana dengan Bulan malam ini?

Bulan malam ini akan terlihat besar. Namun, Bulan masih pada fase Bulan Cembung atau Bulan Bungkuk. Bulan Purnama pada September 2013 akan terjadi pada tanggal 19 mendatang.

Untuk melihat besarnya Bulan, dibutuhkan teleskop. Karena dengan mata telanjang saja mungkin hanya akan melihat Bulan seperti biasa. Atau Anda bisa membandingkannya dengan foto Bulan sebelumnya.

Lunar perigee tidak akan berdampak negatif bagi kehidupan di Bumi. Namun air laut mungkin akan pasang.
Bukan Supermoon, Malam Ini Bulan Akan Nampak Lebih Besar Bukan Supermoon, Malam Ini Bulan Akan Nampak Lebih Besar Reviewed by Riza Miftah Muharram on 9/15/2013 02:35:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.