Berada di Luar Angkasa Rasanya Seperti di Dalam Air

Berada di Luar Angkasa Rasanya Seperti di Dalam Air
Astronot latihan di dalam air sebelum ke luar angkasa. Kredit: NASA, ESA
Info Astronomy - Akan sangat menyenangkan dan bangga jika bisa pergi ke luar angkasa, apa lagi bisa menjalani misi di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Tapi sebelum Anda bisa ke luar angkasa, Anda harus menghabiskan berjam-jam belajar bagaimana melakukan berjalan di luar angkasa (spacewalk), atau yang disebut kegiatan extravehicular (EVA).

Untuk menjadi astronot Anda harus bisa renang

Pertama, Anda harus belajar bagaimana untuk memakai baju astronot yang beratnya 127 kilogram. Mengapa begitu berat? Baju astronot yang Anda pakai nanti membawa pasokan oksigen yang membantu Anda tetap hidup dan bernafas.

Ini juga akan menjaga tubuh Anda pada suhu yang nyaman meskipun suhu di luar angkasa mencapai 200 derajat di bawah nol sampai 200 derajat di atas nol.

Karena tantangan begitu besar, Anda harus berlatih bergerak sambil mengenakan baju astronot dan belajar bagaimana menggunakan alat dengan sarung tangan besar di tangan Anda.

Maka dari itu, astronot praktek melakukan spacewalk di kolam besar berisi air dan miniatur ISS - astronot biasanya menghabiskan tujuh jam di bawah air dalam pelatihan sebelum misinya di luar angkasa.

Para astronot akan dilatih di Rusia, yang memiliki kolam renang di Gagarin Kosmonot Training Center (GKTC) di Star City, Rusia, di mana astronot belajar bagaimana menggunakan pakaian antariksa Rusia.

GKTC adalah kolam besar yang dipenuhi dengan 22,7 juta liter air. Itu merupakan kolam renang indoor terbesar di dunia - dengan panjang 62 meter, dan lebar 31 meter serta kedalaman 12 meter.

Pada bagian bawah GKTC ada model ISS, yang merupakan ukuran yang sama seperti yang mengorbit Bumi - itulah sebabnya GKTC begitu besar. Ada juga model pesawat ruang angkasa untuk bongkar muat.

Berada di dalam air adalah sama rasanya seperi di luar angkasa, tapi tidak persis sama. Anda tidak benar-benar terasa ringan seperti di luar angkasa, tetapi sama-sama mengapung netral.

Istilah apung netral berarti obyek tidak mengapung ke permukaan atau tenggelam ke dasar. Penyelam mencoba untuk menjadi apung netral sehingga mereka tidak tenggelam atau mengapung ke atas ketika mereka di dalam air.

Ayo belajar renang untuk jadi astronot!
Berada di Luar Angkasa Rasanya Seperti di Dalam Air Berada di Luar Angkasa Rasanya Seperti di Dalam Air Reviewed by Riza Miftah Muharram on 9/15/2013 09:45:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.