Asteroid Sebesar Kapal Feri Sedang Berada Dekat Bumi

Asteroid Sebesar Kapal Feri Sedang Berada Dekat Bumi
Diagram orbit asteroid dekat-Buki 2001 AV43. Kredit: NASA JPL
Info Astronomy - Siapa sangka, asteroid berdiameter 58 meter atau sebesar kapal feri sedang melintas dekat Bumi mulai hari ini hingga beberapa minggu kedepan.

Asteroid ini ditemukan Laboratorium Propulsi Jet milik NASA pada tahun 2001 masuk dalam kategori objek dekat Bumi. Jaraknya saat ini adalah 0,16 SA (1 SA = 150 juta kilometer).

Hari ini, 13 September 2013, asteroid bernama resmi 2001 AV43 bisa diamati dengan teleskop canggih saja. Untuk mata telanjang akan sangat-sangat redup.

Asteroid Sebesar Kapal Feri Sedang Berada Dekat Bumi
Diagram orbit asteroid 2001 AV43. Kredit: NASA JPL
Pada 20 November 2013 mendatang, jarak asteroid ini akan semakin dekat dengan Bumi. Dari yang tadinya 0,16 SA, akan menjadi 0,008 SA atau 2 kali jarak Bumi ke Bulan.

Walaupun tergolong dekat Bumi dan besarnya diameter asteroid ini, NASA memastikan bahwa asteroid ini tidak akan berbenturan dengan Bumi.

NASA akan menangkap citra radar asteroid ini saat jarak dekatnya. Asteroid ini tidak bisa diamati dengan mata telanjang.
Asteroid Sebesar Kapal Feri Sedang Berada Dekat Bumi Asteroid Sebesar Kapal Feri Sedang Berada Dekat Bumi Reviewed by Riza Miftah Muharram on 9/13/2013 07:00:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.