Angin Matahari Membentuk Aurora Cantik di Langit Rusia

Angin Matahari Membentuk Aurora Cantik di Langit Rusia
Aurora di langit Rusia, 13 September 2013. Kredit: Valentin Jiganov
Info Astronomy - Sejak kemarin (13/9), Bumi diterpa angin Matahari berkecepatan medium (500 km/detik).

Angin Matahari ini tidak menyebabkan badai geomagnetik, namun membentuk aurora cantik dan cemerlang di sekitaran Arktik.

Astrofotografer Valentin Jiganov mengirim foto Aurora di langit Rusia lewat email ke Spaceweather. Lokasi aurora cantik di atas tepatnya adalah di Khibiny, Murmansk, Rusia.

Hingga hari ini (14/9), aurora masih muncul di langit lintang Bumi Utara. Indonesia yang berada di khatulistiwa tidak bisa melihat aurora.

Ini dikarenakan aurora berasal dari partikel bermuatan dari Matahari yang menerpa atmosfer Bumi. Pertikel bermuatan dari Matahari ini ditarik ke kedua kutub Bumi oleh medan magnet Bumi. Dan muncullah aurora.

Perlu diketahui: Informasi yang menyatakan jika Jakarta pernah melihat aurora adalah tidak valid. Informasi ini tidak memiliki cukup bukti.
Angin Matahari Membentuk Aurora Cantik di Langit Rusia Angin Matahari Membentuk Aurora Cantik di Langit Rusia Reviewed by Riza Miftah Muharram on 9/14/2013 08:17:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.