1,75 Miliar Tahun Lagi, Bumi Sudah Tak Layak Huni?

Bumi dari Bulan pada misi Apollo 8. Kredit: NASA
Info Astronomy - Kondisi layak huni di Bumi akan bertahan untuk setidaknya 1,75 miliar tahun lagi, ini menurut studi yang dilakukan ahli astrobiologi di University of East Anglia.

Temuan yang diterbitkan 19 September 2013 di jurnal Astrobiologi mengungkapkan masa layak huni planet Bumi - berdasarkan jarak Bumi dari Matahari dan temperatur di mana adalah mungkin bagi planet untuk memiliki air bentuk cair.

Tim peneliti melihat ke bintang-bintang untuk inspirasi. Menggunakan temuan baru dari planet di luar tata surya kita (exoplanet) sebagai contoh, mereka meneliti potensi planet-planet ini untuk kehidupan.

Penelitian ini dipimpin oleh Andrew Rushby, dari sekolah UEA Ilmu Lingkungan. Dia bilang, "Kami menggunakan konsep 'zona layak huni' untuk membuat perkiraan ini - ini adalah jarak dari bintang planet di mana suhu kondusif untuk memiliki air cair di permukaan."

Rushby menggunakan model evolusi bintang untuk memperkirakan akhir planet layak huni seumur hidupnya dengan menentukan kapan tidak akan lagi berada di zona layak huni.

Ia dan timnya memperkirakan bahwa Bumi akan berhenti menjadi layak huni di suatu masa antara 1,75 dan 3,25 miliar tahun dari sekarang.

Menurutnya, setelah titik ini, Bumi akan berada di 'zona panas' matahari, dengan suhu begitu tinggi bahwa lautan akan menguap. Kita akan melihat peristiwa kepunahan masal makhluk hidup di Bumi.

Ini dilihat dari sisi ilmu sains.