Tips Menemukan ISS Saat Melintasi Langit

ISS Trails. Kredit: Eko Hadi G
Info Astronomy - ISS adalah Stasiun Luar Angkasa Internasional atau International Space Station, ia mengorbit Bumi tiap 90 menit sekali dengan kecepatan 80 kilometer per detik.

ISS dapat diamati pergerakannya saat ia mengorbit Bumi. Hal ini menjadi kegiatan yang boleh dicoba untuk sekadar melihatnya.

Ada saat-saat tertentu untuk mengamati ISS, yakni saat fajar ataupun senja saja. Mengapa demikian? Karena saat itu langit tidak terang dan tidak juga gelap. ISS yang disinari Matahari dapat terlihat dengan jelas.

Menemukan ISS memang bukan hal yang mudah, terlebih jika Anda adalah tipikal orang yang tidak sabar. ISS bergerak cepat dengan kenampakan bagai bintang. [Lihat videonya]

Lihat jadwal melintasnya ISS di sini, jika ada jadwal melintasi langit daerah Anda, maka berikut tips mengamatinya:

1. Cari arah langit yang ditentukan dalam jadwal, jika Barat Laut maka tengoklah arah itu, atau jika Tenggara yang tengoklah ke Tenggara.
  2. Lihat jadwal kembali, pukul berapa ISS melintas, misal pukul 05.00 maka bersiaplah 5 menit sebelum waktu melintas tersebut.
  3. Jika berhasil menemukan, ISS akan nampak seperti bintang berwarna kuning yang cahayanya tidak berkelap-kelip, tentu saja ia bergerak karena mengorbit Bumi.
  4. Amati terus pergerakannya, bila perlu didokumentasikan dengan memotret atau merekamnya dalam video.
  5. Jika Anda melihat benda bergerak tetapi tidak seperti yang kami jelaskan di atas, kemungkinan itu pesawat terbang. Jangan berspekulasi lain.
Untuk melihat ISS, tidak dibutuhkan alat bantu seperti teleskop. Justru jika menggunakan teleskop akan sangat mengganggu karena pergerakan ISS yang cepat.

Penulis: Lailani Karima