Temukan Segitiga Musim Panas di Langit Malam

Summer Triangle di langit Yogyakarta. Kredit: Rahmia Nugraha, 2012
Info Astronomy - Anda mungkin bertanya-tanya apa itu segitiga musim panas (summer triangle), apakah sebuah segitiga yang muncul di musim panas? Ya, Anda benar.

Summer triangle adalah istilah 3 bintang cemerlang di langit yang membentuk segitiga. Bintang-bintang tersebut antara lain Vega, Deneb, dan Altair.

Vega yang merupakan bintang alpha rasi Lyra, Deneb yang merupakan bintang alpha rasi Cygnus dan Altair yang merupakan bintang alpha rasi Aquila.

Orang-orang di belahan bumi utara yang tinggal di negeri 4 musim (subtropis) biasa menyebutnya sebagai Summer Triangle, karena apabila segitiga Vega-Deneb-Altair sudah muncul di langit, itu pertanda bahwa musim panas akan segera tiba.

Karena kita tinggal di belahan bumi selatan, maka tidak ada istilah musim panas di Indonesia. Tetapi, kita tetap dapat melihat Segitiga Musim Panas dari bulan Juli sampai bulan Oktober, dan waktu yang sangat tepat melihatnya yaitu selama bulan Agustus dan September.

Dan langit malam akan semakin terlihat indah karena galaksi Bima Sakti, sang jalur susu terbentang panjang diantara Altair dan Vega. Bentangan galaksi Bima Sakti tidak bisa dilihat dengan mata telanjang, lihat cara alternatifnya di sini.

Di Jepang, orang merayakannya dengan festival Tanabata di mana saat itu Orihime (Vega) dan Hikoboshi (Altair) yang terpisah oleh sungai (bentangan) Bima Sakti diizinkan bertemu.

Maka dalam festival itu dirayakan dengan menggantungkan kertas-kertas berisi harapan. Romantis, ya?
Temukan Segitiga Musim Panas di Langit Malam Temukan Segitiga Musim Panas di Langit Malam Reviewed by Riza Miftah Muharram on 8/27/2013 12:56:00 PM Rating: 5