Teleskop Antariksa Spitzer Milik NASA Ulang Tahun

Foto-foto terbaik dari teleskop luar angkasa Spitzer selama 10 tahun. Kredit: NASA
Info Astronomy - Teleskop inframerah Spitzer milik NASA yang berada di orbit Bumi pada 25 Agustus 2013 ini genap berusia 10 tahun.

Teleskop luar angkasa canggih ini telah mengobservasi alam semesta yang hanya bisa dilihat lewat inframerah.

Setelah 1 dekade mengobservasi, Spitzer telah menemukan ribuan objek-objek alam semetsa. Seperti planet luar tata surya kita, atau pun cincin terbesar yang dimiliki Saturnus.

Teleskop inframerah senilai $800 juta ini telah menjalankan misinya dengan baik dan sempurna. Diluncurkan dari Cape Canaveral, Amerika Serikat pada 25 Agustus 2003, Spitzer menjadi salah satu teleskop luar angkasa terbaik.
Teleskop Antariksa Spitzer Milik NASA Ulang Tahun
Teleskop Spitzer. Kredit: NASA
Teleskop luar angkasa Spitzer (sebelumnya disebut Space Infrared Telescope Facility, SIRTF , Fasilitas Teleskop Inframerah Luar Angkasa) adalah observatorium angkasa inframerah. Ia merupakan Observatorium Besar NASA yang ke-empat dan terakhir.

Ia mengikuti orbit yang agak ganjil di luar angkasa, heliosentrik bukan orbit geosentrik, bergerak mengikuti dan menjauh dari orbit Bumi kira-kira 0,1 satuan astronomi per tahun (ini yang disebut orbit "mengikuti bumi").

Cermin utamanya berdiameter 85 cm, f/12 dan dibuat dari berilium serta didinginkan pada suhu 5,5 K.

Satelit itu terdiri dari tiga instrumen yang memungkinkannya melakukan pencitraan astronomis dan fotometri dari 3 sampai 180 mikrometer, spektroskopi dari 5 sampai 40 mikrometer, dan spektrofotometri dari 5 sampai 100 mikrometer.