Purnama 'Blue Moon' Muncul Malam Ini

Purnama 'Blue Moon' Muncul Malam Ini
Siluet Bulan pada Blue Moon 1 Agustus 2012. Kredit: Sid Vedula
Info Astronomy - Mulai senja pukul 18.00 waktu setempat tanggal 21 Agustus 2013, Bulan Purnama akan terbit di ufuk timur, ia juga akan secara teknis disebut "Blue Moon."

Blue Moon malam ini bukan Bulan Purnama kedua Agustus.

Anda mungkin bertanya. "Bukankah Blue Moon didefinisikan sebagai Purnama kedua yang terjadi selama satu bulan kalender? Purnama di Agustus ini akan menjadi satu-satunya Bulan Purnama Agustus 2013. Jadi bagaimana kita bisa menyebutnya 'Blue' moon?"

Disebut Blue Moon, hanya jika kita mengikuti aturan sekarang yang agak melenceng dari ilmu astronomi. Bahkan, saat ini aturan "dua purnama dalam satu bulan" telah digantikan aturan yang akan memungkinkan kita untuk menyebut Bulan Purnama "biru."

Masih bingung?

Jika kembali ke Juli 1943, majalah Sky & Telescope dalam sebuah pertanyaan dan kolom jawaban yang ditulis oleh Lawrence J. Lafleur, ada referensi yang dibuat dengan istilah Blue Moon.

Lafleur mengutip istilah yang tidak biasa dari salinan edisi 1937, Almanak Maine Farmers.

Pada halaman almanak Maine Farmers untuk Agustus 1937, definisi kalender Blue Moon dijelaskan bahwa kadang-kadang "salah satu dari empat musim akan berisi empat Bulan Purnama bukannya tiga."

Bulan Purnama malam ini memenuhi syarat sebagai Blue Moon karena Purnama nanti malam adalah Purnama ketiga di suatu musim dari empat Purnama yang ada (sebagian besar musim hanya memiliki tiga kali fase Bulan Purnama).

Blue Moon yang sebenarnya dalam astronomi terjadi pada 2015

Blue Moon tidak akan menyebabkan bulan berubah warna jadi biru. Blue Moon biasa terlihat biru karena disebabkan oleh gangguan atmosfer Bumi, biasanya disebabkan oleh kebakaran hutan atau letusan gunung berapi.

Bulan juga terlihat kebiruan saat asap akibat kebakaran hutan yang luas di bagian barat Kanada. Fenomena itu terlihat di bagian timur Amerika Utara pada akhir September 1950. Demikian pula saat terjadi letusan gunung Pinatubo di Filipina pada Juni 1991, Bulan juga dilaporkan berwarna biru.

Untuk Blue Moon dengan definisi 2 Purnama dalam 1 bulan kalender akan terjadi pada 31 Juli 2015. Semoga bisa melihatnya.

Selamat menyaksikan Blue Moon malam ini!
Purnama 'Blue Moon' Muncul Malam Ini Purnama 'Blue Moon' Muncul Malam Ini Reviewed by Riza Miftah Muharram on 8/21/2013 02:14:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.