Planet Lava Seukuran Bumi Ditemukan

Planet Lava Seukuran Bumi Ditemukan
Ilustrasi planet ekstrasurya Kepler 78b. Kredit: Cristina Sanchis Ojeda
Info Astronomy - Para astronom berhasil menemukan planet seukuran Bumi yang memiliki suhu panas, itu dikarenakan orbitnya dekat dengan bintang induknya.

Planet ekstrasurya ini merupakan planet yang berevolusi dengan bintang induk tercepat yang pernah diteliti. Planet yang dinamai Kepler 78b ini hanya membutuhkan 8,5 jam untuk sekali orbit bintang induknya, Bumi saja 365 hari untuk sekali orbit Matahari.

Dekatnya orbit Kepler 78b membuat ia memiliki julukan Planet Lava. Jaraknya yang dekat dengan bintang induknya membuat tidak akan ada air apa lagi kehidupan di sana. Bukan planet layak huni!

Para astronom menemukan planet ekstrasurya ini dengan metode transit. Jadi saat Kepler 78b berada di 'depan' bintang induknya, para astronom mulai meneliti.

"Dengan banyak berusaha dan banyak bersabar, Anda mungkin akan melihat transitnya dengan teleskop besar," kata Roberto Sanchis-Ojeda, seorang mahasiswa Ph.D di Institut Teknologi Massachusetts, Amerika Serikat.

Planet mirip Bumi yang panas

Kepler 78b 100 kali lebih dekat dengan bintang induknya dibanding Bumi dengan Matahari, dan telah mengorbit selama 750 miliar tahun di tata suryanya -- sekitar enam kali lebih muda dari tata surya kita.

Permukaan planet ekstrasurya Kepler 78b memiliki suhu yang dapat langsung melelehkan besi, sekitar antara 2026 derajat Celcius dan 2826 derajat Celcius.

Planet ekstrasurya Kepler 78b masih terus diteliti oleh para astronom NASA.
Planet Lava Seukuran Bumi Ditemukan Planet Lava Seukuran Bumi Ditemukan Reviewed by Riza Miftah Muharram on 8/22/2013 06:31:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.