Pendaftaran Misi Satu Perjalanan ke Mars Segera Ditutup

Pendaftaran Misi Satu Perjalanan ke Mars Segera Ditutup
Ilustrasi rumah di Mars. Kredit: Mars One
Info Astronomy - Masa pendaftaran calon astronot yang berangkat satu kali perjalanan ke Planet Mars hampir ditutup. Bagi yang berminat, dihimbau untuk segera mendaftar.

Lebih dari 165.000 orang telah mendaftarkan dirinya untuk dipilih oleh perusahaan nirlaba asal Belanda, Mars One, yang akan menutup pendaftaran calon astronot pada 31 Agustus 2013.

Setelah tanggal 31 Agustus 2013 nanti, Mars One akan menyeleksi sekian banyak pendaftar untuk dilatih hingga tahun 2020. Hanya yang berusia 18 tahun yang diprioritaskan, hal ini agar lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan Mars yang keras.

Mars One juga memprioritaskan pilot dan teknisi pesawat. Nantinya, pilot dan teknisi akan digunakan sebagai pengendali pesawat yang akan membawa 4 astronot pertama pada 2020.

Mars One membuka jalur pendaftaran secara online di situs web resminya. Semua orang dari seluruh dunia boleh ikut mendaftar, termasuk Anda jika berminat.

Misi Mars One adalah mendaratkan manusia di planet merah secara berangsur-angsur. Manusia yang sudah di Mars tidak akan pulang lagi ke Bumi, mereka akan tinggal secara permanen di sana.

Koloni pertama yang dikirim dari Bumi ke Mars diprediksi akan mendarat pada April 2023. Anggota baru dari koloni itu akan menyusul dua tahun kemudian.

Untuk bisa menerbangkan manusia ke planet Mars, dibutuhkan dana 6 miliar dollar AS. Mars One optimistis bisa mendapat dana yang dibutuhkan, salah satunya dengan menggelar semacam reality show.

Sebagai tahap persiapan, Mars One akan lebih dulu meluncurkan satelit komunikasi dan suplai ke planet Mars pada 2016. Dua tahun kemudian, akan dikirim juga rover berukuran besar.

Mars bukan planet yang cocok untuk kehidupan manusia

Menurut data baru yang dikumpulkan Curiosity dan studi meteorit kuno Mars, atmosfer planet ini tidak banyak berubah dalam 4 miliar tahun lalu.

Para ilmuwan menduga bahwa setelah pembentukan Mars sekitar 4,5 milyar tahun yang lalu, sesuatu objek menyebabkan planet ini kehilangan atmosfernya yang sekarang hanya mengandung 1% atmosfer Bumi.

"Atmosfer Mars yang melimpah mungkin telah hilang secara cepat," kata Paul Mahaffy, seorang ilmuwan di NASA Goddard Space Flight Center.

"Ini tidak terlalu mengejutkan, karena antara 3,5 sampai 4 milyar tahun yang lalu tata surya dipenuhi oleh objek yang berlalu-lalang di planet-planet. Objek tersebut menabrak dan yang mungkin membentuk semua kawah di Bulan dan di Mars," tambah Mahaffy.

Hasil ini merupakan analisis yang paling sensitif dari kondisi atmosfer Mars sejak NASA mendaratkan robot penjelajah Viking yang menyelidiki udara planet ini pada tahun 1970-an.

Mars bukanlah tempat yang cocok untuk kehidupan manusia, setidaknya begitulah kesimpulan dari penelitian para astronom NASA. Planet merah ini dingin dan kering serta atmosfernya yang tipis serta didominasi oleh karbon dioksida.
Pendaftaran Misi Satu Perjalanan ke Mars Segera Ditutup Pendaftaran Misi Satu Perjalanan ke Mars Segera Ditutup Reviewed by Riza Miftah Muharram on 8/24/2013 06:03:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.