Oposisi Neptunus: Matahari-Bumi-Neptunus Segaris Lurus

Oposisi Neptunus: Matahari-Bumi-Neptunus Segaris Lurus
Ilustrasi Oposisi Neptunus, dibuat oleh penulis. Kredit: Riza
Info Astronomy - Pada mainstream media, dikatakan bahwa 27 Agustus 2013 merupakan saat terbaik untuk mengamati Neptunus. Benar kah demikian?

Hari ini, 27 Agustus 2013, Neptunus -- planet ke-8 di tata surya -- berada pada jarak terdekatnya dengan Bumi. Mengapa hal ini bisa terjadi? Hari ini adalah Oposisi Neptunus. Mari kita mengenal apa itu Oposisi.

Dalam astronomi, oposisi merupakan fenomena di mana suatu planet berada satu garis lurus dari Bumi dan Matahari. Hari ini, Matahari-Bumi-Neptunus satu garis lurus.

Neptunus akan berada pada jarak terdekatnya dengan Bumi sekitar 43.343.000.000 kilometer. Jarak terdekat telah dicapai Neptunus pada pukul 08.39 WIB pagi tadi (27/8).

Walaupun mencapai jarak terdekatnya, Neptunus tidak akan mudah dilihat dengan mata telanjang. Setidaknya kita membutuhkan teleskop yang canggih untuk melihatnya, itu pun hanya terlihat titik biru.

Planet Neptunus sangat jauh dan redup, itu sebabnya ia sulit diamati dari Bumi dengan mata telanjang. Tidak akan ada dampak negatif apapun dari fenomena ini.

Di Planet Neptunus telah terjadi fenomena transit Bumi -- seperti fenomena transit Venus pada Juni 2012 -- yakni Bumi melewati piringan Matahari.
Oposisi Neptunus: Matahari-Bumi-Neptunus Segaris Lurus Oposisi Neptunus: Matahari-Bumi-Neptunus Segaris Lurus Reviewed by Riza Miftah Muharram on 8/27/2013 02:15:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.