Komet ISON Akan Melintasi Planet Mars 1 Oktober 2013

Wajah komet ISON, 'komet abad ini'. Kredit: NASA/ESA/Hubble
Info Astronomy - Saat komet ISON melintasi Mars pada 1 Oktober 2013, ia akan melewati 'garis beku'. Garis di mana ISON akan mulai terbakar permukaan esnya oleh Matahari.

Astronom di seluruh dunia telah menunggu kedatangan komet ISON. ISON bahkan disebut-sebut sebagai komet terspektakuler abad ini yang bisa dilihat dengan mata telanjang.

Komet ISON akan berada pada jarak 0,07 SA dari permukaan Planet Mars pada 1 Oktober 2013 mendatang. 1 SA sama dengan 150.000.000 kilometer.

Curiosity -- robot penjelajah yang berada di Mars saat ini -- kabarnya akan memotret kenampakan komet ISON di langit Mars. Tidak ketinggalan, wahana pengorbit Mars, MRO (Mars Raconnaissance Orbiter) juga akan memotret komet ISON ini.

Komet ISON ditemukan oleh astronom asal Rusia bernama Vitali Nevski pada 24 September 2012. Komet ini diamati pertama kali pada jaraknya 1 miliar kilometer dari Bumi.

ISON akan mencapai jarak terdekatnya dengan Matahari pada 28 November 2013 mendatang. Diperkirakan ISON akan nampak secemerlang Bulan Purnama.

Semoga inti komet ISON tidak pecah sebelum 'show time' berlangsung. Kabarnya, ini adalah komet yang bisa diamati oleh manusia sekali dalam hidupnya.