Inilah yang Terjadi Jika Bumi Kehilangan Atmosfer

Inilah yang Terjadi Jika Bumi Kehilangan Atmosfer
Moonset yang dari ISS oleh astronot Chris Hadfield saat ia masih menjalani misi. Kredit: Chris Hadfield
Info Astronomy - Atmosfer menjadi 'payung' di siang hari untuk melindungi seluruh makhluk yang ada di Bumi dari panas yang memanggang, sedangkan malam hari atmosfer berguna sebagai selimut untuk melindungi umat manusia dari kebekuan.

Jika atmosfer Bumi tidak ada, maka menurut perhitungan suhu Bumi pada malam hari jadi minus 270 derajat Celcius, yang berarti kehidupan di Bumi akan punah dengan cara membeku.

Apa jadinya jika atmosfer Bumi benar-benar menghilang, selain pembekuan Bumi yang dijelaskan di atas? Inilah yang terjadi:

  1. Bumi akan kekeringan.
  2. Bumi akan mudah terkena hajaran badai meteor.
  3. Penyakit metabolisme merajalela.
  4. Tidak ada siaran radio.
  5. Bumi mengalami kehancuran karena badai matahari.
  6. Makhluk hidup akan punah.

Penjelasan

Jika Lapisan troposphere (lapisan atmosfer yg paling bawah) tidak ada, maka bumi akan mengalami kekeringan, karena lapisan troposphere ini adalah tempatnya pembentukan awan hujan.

Atmosfer bumi juga melindungi bumi dari serangan meteor. Jika atmosfer hilang, maka meteor pun langsung menghantam bumi.

Lapisan atmosfer yg disebut ionosphere, berfungsi untuk memantulkan gelombang radio. Bayangkan jika lapisan ini tdk ada maka manusia tidak pernah bisa mendengarkan berita, informasi, musik, atau apapun melalui media radio.

Atmosfer kita juga menahan terpaan badai matahari, dari terpaan tersebut akan ditahan oleh atmosfer dan kutub Bumi. Tetapi, jika tak ada atmosfer, maka badai matahari akan langsung mengenai permukaan Bumi.

Atmosfer Bumi yang terdiri dari mayoritas nitrogen (78%), 20% oksigen, dan 1% gas-gas lain, dibutuhkan untuk syarat hidup oleh semua makhluk (manusia, hewan, tumbuhan). Tidak ada atmosfer maka semua akan mati.

Itulah hal-hal yang diakibatkan jika atmosfer Bumi tak ada. Masih banyak hal buruk lainnya yang tentunya lebih buruk dari hal yang disebutkan di atas.

Jaga Bumi Kita.

Penulis: Nugroho Pangestu
Disunting seperlunya oleh Moderator
Inilah yang Terjadi Jika Bumi Kehilangan Atmosfer Inilah yang Terjadi Jika Bumi Kehilangan Atmosfer Reviewed by Kontributor on 8/06/2013 11:00:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.