Hujan Meteor Perseid Masih Ada Malam Ini dan Lusa

Hujan Meteor Perseid Masih Ada Malam Ini dan Lusa
Hujan meteor. Kredit: Stoor
Info Astronomy - Hujan meteor terbaik tahun 2013, yakni Perseid, masih bisa diamati malam ini. Prelu diingat, melihat hujan meteor sama saja seperti melihat meteor.

Sebuah hujan meteor bisa diamati dengan mata telanjang di seluruh wilayah Bumi, termasuk daerah Anda. Tidak perlu menggunakan teleskop untuk mengamatinya, karena justru bakal sangat mengganggu mengingat meteor yang bergerak cepat.

Hujan meteor Perseid sudah bisa diamati sejak kemarin malam, intensitasnya bisa mencapai 100 meteor per jam, inilah sebabnya ia menjadi hujan meteor terbaik tahun 2013.

Bagaimana cara mengamatinya?

Sangat mudah untuk mengamatinya, asalkan Anda orang yang sabar dalam satu malam mungkin akan mengumpulkan ratusan meteor melintas.

Untuk memulai pengamatan, carilah lokasi untuk tempat pengamatan yang pandangan langitnya luas, contohnya lapangan. Pastikan jauh dari lampu kota, tidak ada polusi udara, tidak mendung atau bahkan hujan.

Cari titik radian. Titik radian adalah lokasi di langit dimana hujan meteor muncul. Untuk hujan meteor Perseid, ia akan muncul di rasi bintang Perseus. Unduh peta langit untuk menemukan rasi bintang Perseus.

Tidak dapat menemukan rasi bintang perseus? Oke, bangun lah pukul 3 dinihari dan lihatlah langit. Jangan dulu bilang tidak melihat meteor padahal Anda hanya sekejap saja melihat langitnya. Amati terus dan temukan keindahan.

Hujan meteor Perseid dapat diamati hingga terbitnya matahari.

Rekan Kafe Astronomi dikabarkan telah melihat 114 meteor dan 5 di antaranya adalah fireball tadi malam (11/8). Lokasi pengamatannya adalah di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Cobalah untuk bersabar dan konsentrasi saja ke langit untuk menunggu lewatnya meteor. Pergerakan meteor yang cepat sangat sayang dilewatkan saat Anda meleng.

'Lihat' lewat radio

Selain dengan mata telanjang, 'mengamati' hujan meteor Perseid bisa dengan radio. Bagaimana caranya? Pertama, siapkan radio yang masih bisa dipakai.

Cari frekuensi dari stasiun radio FM yang bisa didengar dari jarak 1000 kilometer tapi tidak bisa didengar lewat radio Anda. Tengah malam ini hingga esok fajar, setel radio pada frekuensi yang sudah ditentukan dengan cara di atas.

Saat meteor melintas, radio akan berbunyi seperti desis-desis. Ini karena meteor masuk atmosfer, lalu mengionisasinya sehingga gelombang radio bisa menangkapnya sebagai suara.

Untuk diketahui, kenampakan meteor adalah seperti pergerakan ISS di langit namun memiliki ekor yang panjang. Lihat video di bawah untuk membedakan mana meteor dan mana objek bukan meteor. Selamat mengamati!

Hujan Meteor Perseid Masih Ada Malam Ini dan Lusa Hujan Meteor Perseid Masih Ada Malam Ini dan Lusa Reviewed by Kontributor on 8/12/2013 02:44:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.