Hoax Alert! Kenampakan Mars Sebesar Bulan Purnama

Hoax Alert! Kenampakan Mars Sebesar Bulan Purnama
Planet Mars. Kredit: NASA
Info Astronomy - Pemberitaan bohong atau biasa disebut Hoax kembali muncul setelah yang terakhir kali pada 21 Desember 2012 tentang kiamat suku maya. Kali ini: Mars sebesar Purnama.

Hoax tentang Mars sebesar Bulan Purnama ini sebetulnya pernah ada pada Agustus 2007, namun entah kenapa muncul kembali pada Agustus 2013 ini.

Dalam informasi hoax - yang sumbernya tidak dapat kami beri tahukan karena privasi - dijelaskan jika selama Agustus kenampakan Planet Mars akan sebesar Bulan Purnama. Ini bohong!

Sepertinya ini sudah jadi berita tahunan yang muncul mulai pertengahan Juli setiap tahunnya. dan berhasil membuat banyak orang penasaran dan percaya dari tahun ke tahun.

Sayangnya berita ini hanya sekedar isu yang tak akan pernah bisa dibuktikan kebenarannya.

Tahun 2013 ini, pemberitaan Mars sebesar Bulan dikabarkan akan bisa diamati pada 27 Agustus 2013. Atau sama dengan saat Bulan yang masuk fase Purnama hari itu.

Mars pada tanggal 27 Agustus yang disebut akan terlihat seperti Purnama pada jam 00.30 itu baru terbit setelah lewat tengah malam. Jadi pada jam yang disebutkan di dalam isu itu Mars masih berada di horison dan belum bisa diamati.

Sepanjang bulan Agustus Mars akan terlihat setelah tengah malam. Nah, Fenomena tanggal 27 Agustus dalam hoax tersebut mengacu pada kejadian oposisi Mars yg terjadi tahun 2003.

Tahun 2003, tepatnya tanggal 27 Agustus, Mars berada pada jarak terdekatnya yakni 55.758.006 km, dan oposisi terjadi tgl 28 Agustus. Saat itu Mars memang berada pada posisi terdekatnya dengan Bumi dan diameter sudut Mars saat itu hanya 25 detik busur.

Bandingkan dengan Bulan yang diameter sudutnya 31 menit busur (1 menit busur = 60 detik busur). Jarak Bumi – Bulan 384 403 km. Pada kondisi jarak terdekatnya saja, Mars berada 144 kali lebih jauh dari Bulan dan tidak akan pernah terlihat sebesar Bulan, apalagi jika ia makin menjauh dari Bumi.

Jadi intinya jangan percaya berita semacam ini. Perbanyak ilmu agar tidak mudah dibohongi.
Hoax Alert! Kenampakan Mars Sebesar Bulan Purnama Hoax Alert! Kenampakan Mars Sebesar Bulan Purnama Reviewed by Riza Miftah Muharram on 8/18/2013 08:16:00 PM Rating: 5

1 komentar

  1. "Perbanyak ilmu agar tidak mudah dibohongi." kena banget. :unbelieve:

    BalasHapus

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.