Curiosity Genap 1 Tahun di Planet Mars

#1YearOnMars. Kredit: NASA JPL
Info Astronomy - Siapa sih yang tidak penasaran dengan misteri planet Mars? Amerika Serikat lewat NASA sampai mendaratkan robot penjelajah bernama Curiosity ke Mars untuk mengungkap misteri-misterinya.

6 Agustus 2013, Curiosity memperingati 1 tahun keberadaannya di planet merah, dan NASA baru saja merilis video yang merangkum perjalanan Curiosity selama 1 tahun tersebut.

Video yang hanya berdurasi 2 menit itu dibuat dari 548 foto yang diambil oleh Curiosity selama mengeksplorasi dan meneliti planet Mars.

Setahun silam, robot penjelajah dengan teknologi teranyar ini sampai ke Mars melalui proses menegangkan. Ia didatangkan untuk mencari jawaban dari misteri Mars, yakni bisakah planet ini menampung kehidupan. Jawabannya, bisa.

Untuk melakukannya, robot yang diluncurkan pada 26 November 2011 ini dilengkapi instrumen terbaik dari teknologi terkini. Kini, saat "ulang tahun"-nya di Mars, Curiosity terbukti sukses mencapai tujuannya. Ia bahkan menjadi panduan utama bagi misi planet tetangga di masa depan.

Selama satu tahun karirnya di Mars, Curiosity berhasil mengumpulkan data 190 gigabit; 36.700 foto lengkap; 35.000 foto thumbnail; menembakkan 75.000 sinar laser untuk investigasi komposisi; mengumpulkan sampel dari dua batu; dan menempuh jarak 1,6 kilometer.