Curiosity Berhasil Merekam 2 Bulan milik Mars

Curiosity Berhasil Merekam 2 Bulan milik Mars
Kiri ke kanan: Deimos, Phobos, dan Bulan kita. Kredit: NASA JPL
Info Astronomy - Rover penjelajag Curiosity milik NASA baru-baru ini memotret dua satelit alam milik planet Mars yang bernama Phobos (yang lebih besar) dan Deimos.

Tidak seperti Bulan Purnama kita yang bagus, Mars memiliki dua satelit berbentuk kentang yang bergelombang, nama-namanya diambil dari dewa-dewa Yunani kembar yang dipersonifikasikan takut (Phobos) dan teror (Deimos).

Phobos lebih besar dan lebih dekat ke Mars, dengan jari-jari rata-rata 11 kilometer. Pendampingnya, Deimos, adalah tujuh kali lebih besar dan tiga kali lebih jauh dari Mars, yang mengapa muncul jauh lebih kecil.

Kedua diameter satelit alami Mars ini lebih kecil dibanding Bulan milik Bumi - masing-masing sekitar dua kali ukuran Gunung Everest.

Phobos dan Deimos begitu kecil dan memiliki gravitasi yang lemah sehingga jika Anda melompat dari permukaan mereka, maka Anda bisa meluncur langsung ke luar angkasa.

Curiosity bisa merekam pergerakan satelit alami Mars ini karena didukung oleh baterai nuklir miliknya. Ia dapat bekerja Mars di malam hari dan membawa pemandangan yang belum pernah terlihat sebelumnya dari planet tetangga kita itu.

Berikut videonya:

Curiosity Berhasil Merekam 2 Bulan milik Mars Curiosity Berhasil Merekam 2 Bulan milik Mars Reviewed by Riza Miftah Muharram on 8/16/2013 08:30:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.