Cantiknya Galaksi NGC 3718

Galaksi NGC 3178. Kredit: NASA Hubble
Info Astronomy - Apa yang aneh dengan galaksi ini? Yang paling mencolok dari galaksi NGC 3718 adalah fitur bengkok tepat di pusatnya. Lengan spiral NGC 3718 itu terlihat memutar dan luas serta dipenuhi oleh bintik-bintik gugus bintang biru muda.

Jalur debu galaksi ini tertarik keluar dan mengaburkan daerah tengah yang berwarna kuning. Di gambar ini juga terlihat galaksi tetangganya (disebelah kanan) yang bernama galaksi spiral besar NGC 3729 yang hanya berjarak 150 ribu tahun cahaya dari NGC 3718.

Kemungkinan gravitasi kedua galaksi ini sudah berinteraksi sehingga menyebabkan NGC 3718 mempunyai bentuk yang aneh.

Jalur debu di galaksi ini berjalan melalui tonjolan bintang dan membentang sekitar 80.000 tahun. NGC 3718 mengandung inti galaksi aktif (AGN) dan dikenal sebagai Seyfert tipe 1,9.

Dalam gambar ini juga terlihat Hickson Group 56 yang berkerumun di belakang NGC 3718 (bagian atas dari frame).Hickson Group 56 terdiri dari 5 galaksi yang berinteraksi dan terletak lebih dari 400 juta tahun cahaya.

NGC 3718 terletak 42,4 juta tahun cahaya di konstelasi Ursa Major. Nama lain galaksi ini adalah Arp 214. Gambar ini terpilih sebagai juara umum pada Kompetisi Astrophotography David Malin 2013.