Saran pencarian

Bulan Akan Nampak Lebih Besar Malam Ini

Bulan Akan Nampak Lebih Besar Malam Ini
Bulan Akan Nampak Lebih Besar Malam Ini
Siluet pesawat terbang dan Bulan. Kredit: Eartsky
Info Astronomy - Bulan mencapai perigee -- adalah jarak terdekat Bulan dengan Bumi -- pada 19 Agustus 2013 pukul 8:00 WIB. Jaraknya saat ini adalah 362.264 kilometer dari Bumi.

Bulan akan terlihat sedikit lebih besar dari biasanya malam ini. Ia telah memasuki fase Bulan Cembung Awal, dan akan masuk fase Bulan Purnama pada 21 Agustus 2013 mendatang.

Untuk yang ingin mengamatinya, sejak pukul 18.00 waktu setempat Bulan sudah ada di langit tengah arah timur. Ia akan terbenam di langit barat pada pukul 04.45 waktu setempat pada 20 Agustus 2013.

Mari bedakan Bulan saat jarak terdekat (perigee) dengan saat jarak terjauhnya dari Bumi (apogee). Terakhir kali Bulan di apogee adalah pada 3 Agustus 2013, jaraknya saat itu adalah 405.832 kilometer.

Pada Agustus ini, Bulan akan menjauh lagi atau berada di apogee lagi pada 31 Agustus 2013 mendatang, dengan jarak 404.881 kilometer.

Selamat mengamati Bulan di perigee malam ini!
Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.