Bulan Akan Mendekati Venus, Saturnus dan Jupiter

Bulan dan Venus 9 Agustus 2013. Kredit: Starry Night
Info Astronomy - Bulan akan berdekatan dengan beberapa objek langit pada Agustus 2013 ini. Dan jika Anda melihatnya, Anda pasti akan bertanya, "Bintang apa itu yang ada di sebelah Bulan?"

Agustus 2013 ini, Bulan akan berdekatan dengan tiga objek langit cemerlang: Venus, Saturnus, dan Jupiter. Jika cuaca mendukung, pengamatan ini akan mengasyikan.

Kenapa Bulan bisa berdekatan? Penyebabnya adalah, Bulan mengorbit Bumi. Pengorbitan itu membuat Bulan dari hari ke hari berpindah dari tempat satu ke tempat lainnya di langit.

Kebetulan saat perpindahan Bulan itu, ada objek langit seperti planet atau bintang yang terlihat dekat dengan Bulan di eliptika.

Objek tercemerlang di langit, selain Matahari dan Bulan, adalah planet-planet tata surya. Planet-planet tata surya yang bisa diamati dari Bumi adalah Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus. Sisanya redup.

Agustus 2013, pengamat langit akan disuguhkan pemandangan yang sayang untuk dilewati.

Pertama, pada 9 Agustus 2013 saat senja, Venus dan Bulan akan terlihat berdekatan. Mereka akan terlihat agak rendah di horizon langit. Jadi, pastikan horizon di daerah Anda bebas bangunan dan polusi.

Tiga hari selanjutnya, 12 Agustus 2013, Bulan akan bergerak dekat dengan Saturnus di langit malam. Planet Saturnus akan ada di kiri Bulan dan di kanannya akan ada bintang Spica.

Terakhir, 31 Agustus 2013, pada Sabtu pagi Bulan akan berdekatan dengan Planet Jupiter. Jupiter akan berada di kanan Bulan. Tidak ketinggalan ada Mars dan Merkurius juga di saat yang sama.

Fenomena ini berlangsung di langit seluruh Indonesia, bisa dilihat dengan mata telanjang. Tapi jika Anda memiliki teleskop malah lebih bagus untuk dipakai. Selamat mengobservasi!